MIFJANAHGANDOL – Widyaiswara Kemenag Dilatih TOT Kurikulum Merdeka – Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan menyelenggarakan Training of Trainer (TOT) Kurikulum Merdeka untuk para widyaiswara. Giat ini akan berlangsung enam hari, 7 – 12 November.

Kepala Pusdiklat Teknis, Mastuki saat membuka kegiatan menyampaikan, bahwa TOT ini menjadi bagian penting dari implementasi Kurikulum Merdeka yang akan segera diterapkan di madrasah secara massif pada 2023.

“TOT ini hanya melibatkan sedikit orang, tapi memiliki dampak yang sangat besar karena dari TOT ini para peserta akan mengimplementasikannya di lapangan. Jadi mohon ikuti seluruh rangkaian acara dengan sungguh-sungguh,” tuturnya di Ciputat, Senin (7/11/2022).

Mastuki menuturkan, TOT ini diselenggarakan bekerja sama dengan Direktorat Kurikulum, Sarana Prasarana, Kesiswaan, dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Tujuannya, agar materi TOT relevan dan sesuai kebutuhan guru madrasah. Apalagi, leading sector implementasi Kurikulum Merdeka di Kementerian Agama adalah Direktorat KSKK Madrasah.

“Sekarang adalah eranya kolaborasi. Kita tidak bisa bekerja sendiri, harus bekerjasama dengan unit lain agar yang kita lakukan tepat. Seperti TOT Kurikulum Merdeka ini, karena unit pembinanya di direktorat, ya kita harus bekerja sama dengan direktorat,” pintanya.

TOT Kurikulum Merdeka diikuti 60 widyaiswara dari Pusdiklat Teknis, dan perwakilan dari 14 Balai Diklat Keagamaan. Sementara trainer TOT berasal dari Tim Pengembang Implementasi Kurikulum Merdeka Direktorat KSKK Madrasah.

Selain Kurikulum Merdeka, Pusdiklat juga menggelar TOT Penguatan Moderasi Beragama. Giat ini diikuti 30 peserta, terdiri atas Kepala Balai Diklat Keagamaan (BDK) dan perwakilan dari Rumah Moderasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>>

BACA JUGA:   Kemenag Tegaskan TOT Kurikulum Merdeka Berbasis Kebutuhan Guru

Protected by Copyscape

By admin