MIFJANAHGANDOL – Terbaru, Lembar Observasi Penilaian Peningkatan Kinerja Manajerial Kepala Madrasah – Sebelum membahas tentang Penilaian Peningkatan Kinerja Manajerial Kepala Madrasah, terlebih dahulu yang perlu dipahami adalah apa itu yang dimaksud dengan Manajerial, apa perbedaan manajemen dan manajerial, apa saja kegiatan manajerial, lalu apa kaitannya dengan penilaian kinerja kepala madrasah.

Baiklah, untuk pertama kali alangkah baiknya Admin sampaikan terlebih dahulu pengertian Manajer. Seperti dilansir dari laman anieqbal.com bahwa manajer adalah Seseorang yang mengarahkan orang lain dan bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut.

Definisi manajer menurut Havard Business School adalah orang yang “mendapatkan hasil melalui orang lain”. Lain lagi menurut konsultan Peter Drucker, manajer adalah orang yang bertanggungjawab untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi.

Sedangkan Australian Institute of Management mendefinisikan manajer sebagai orang yang “merencanakan, memimpin, mengordinasi, mendelegasikan, mengontrol, mengevaluasi, dan menganggarkan dalam rangka mencapai hasil”.

Apapun definisinya, semua merujuk pada satu pengertian yaitu mengolah kepemimpinan. Templar dalam bukunya membagi menjadi dua bab aturan penting yaitu aturan manajerial pengelolaan tim dan aturan manajerial diri pribadi.

Pemimpin adalah mereka yang menggunakan wewenang formal untuk mengorganisasi, mengarahkan, dan mengontrol para bawahan yang bertanggungjawab supaya semua bagian pekerjaan dikoordinasi untuk mencapai tujuan perusahaan (Robert Tanembaum). Jika pengertian manajer sudah diketahui, lalu apa pengertian manajerial? Manajerial adalah Gugusan seni serta ilmu pada mengatur segala sesuatunya dengan sahih. Pelaku ilmu ini diklaim dengan manajer. seorang manajer tentu perlu serta bahkan wajib menguasai ilmu manajerial dengan baik.

Pembahasan Amin kali ini tidak akan berlama-lama dalam pengertian manajerial, tetapi lebih terfokus pada observasi penilaian kinerja kepala madrasah bidang Manjerial. Jadi Admin hanya sedikit menjelaskan tentang manajer, manajemen dan manajerial.

BACA JUGA:   Download Aplikasi Administrasi Guru Kelas dan Guru Mapel Versi Excel Terbaru

Sebagai mener atau pimpinan di suatu lembaga pendidikan, kepala sekolah/kepalamadrasah sangat dituntut untuk memahami betul bidang manajerial di lembaga yang dipimpinannya. Kepala sekolah/madrasah tentunya akan memahami tentang tugas dan tanggungjawabnya sebagai seorang pemimpin dan menejer dalam hal mengatur lembaganya dengan teraturdan terarah, sehingga dapat menghantarkan kembaga kepada tujuan visi dan misi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Namun tentunya tidak semua kepala madrasah memahami secara menyeluruh tentang manajerial dan komponennya yang menjadi wewenang di lembaga yang dipimpinnya. untuk hal itu tidak ada salahnya Admin mencoba berbagi sedikit tentang Indikator apa saja yang harus dikuasai dan ada di lembaga yang dipimpinnya, sehingga lembaga tersebut menjadi lembaga yang betul-betul terorganisir dengan baik sesuai dengan amanat visi dan misi lembaga.

Sebagai gambaran, berikut Admin bagikan Lembar Observasi Penilaian Peningkatan Kinerja Manajerial Kepala Madrasah, semoga saja dapat membantu kepala madrasah ataupun pengawas dapat memberikan penilaian kepada kepala madrasah secara obyektif dan terukur.

Beberapa indikator yang menjadi bahan penilaian kinerja kepala madrasah oleh pengawas meliputi lima indikator terdiri dari 76 komponen, sebagai berikut:

A. Perencanaan

  1. Kejelasan menetapkan kriteria atau standar pencapaian program secara jelas.
  2. Kemampuan menyusun perencanaan madrasah jangka pendek.
  3. Kemampuan menyusun perencanaan madrasah jangka menengah.
  4. Kemampuan menyusun perencanaan madrasah jangka panjang.
  5. Kemampuan menyusun RAPBM yang direncanakan dalam satu periode kebijaksanaan keuangan.
  6. Kemampuan memaksimalkan anggaran RAPBM untuk madrasah dan unsur – unsur pimpinan.
  7. Kemampuan memaksimalkan anggaran RAPBM untuk program – program dan kegiatan guru danmadrasah

B. Kepemimpinan

  1. Melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawab kepala madrasah.
  2. Menanamkan kedisiplinan untuk seluruh warga madrasah.
  3. Melaksanakan pembagian tugas guru berdasarkan kemampuan guru.
  4. Mendorong kegiatan madrasah yang kreatif.
  5. Mengambil keputusan secara cepat dan tepat.
  6. Memberikan informasi terbaru dan berbagai ketrampilan kepada guru dan staf.
  7. Melakukan komunikasi terbuka kepada guru dan staf.
  8. Mendengarkan dan menanggapi keluhan dari guru maupun staf.
  9. Menyediakan kebutuhan warga madrasah.
  10. Kemampuan menempatkan diri sesuai kondisi di setiap kesempatan.
  11. Kemampuan menggunakan pendekatan yang mendalam apabila terdapat masalah pada warga madrasah.
BACA JUGA:   Download Surat Edaran Kegiatan Bedah Modul PKB Tahun 2022

C. Pengorganisasian

  1. Pengembangan organisasi madrasah.
  2. Menyusun struktur organisasi madrasah sesuai dengan kebutuhan madrasah.
  3. Kemampuan membuat rincian tugas pokok setiap unit kerja.
  4. Menempatkan personalia sesuai dengan kebutuhan di madrasah.
  5. Mengembangkan organisasi informal madrasah secara efektif.
  6. Kemampuan menciptakan budaya organisasi di madrasah.
  7. Kemampuan menciptakan iklim kerja yang efisien, kreatif dan inovatif di madrasah.
  8. Kemampuan menciptakan lingkungan fisik madrasah yang nyaman, bersih, dan indah.
  9. Kemampuan menciptakan suasana iklim kerja yang sehat, harmonis dan kondusif.

D. Penggerakan

  1. Menggerakkan guru dan staf dalam pemberdayaan SDM .
  2. Kemampuan mengelola kebutuhan guru dan staf berdasarkan rencana pengembangan madrasah
  3. Melaksanakan rekruitmen dan seleksi guru dan staf.
  4. Kemampuan mengelola pembinaan terkait dengan tugas guru dan staf.
  5. Kemampuan mengelola pemberian kesejahteraan kepada guru dan staf
  6. Kemampuan mengelola pengadaan fasilitas madrasah.
  7. Kemampuan mengelola pengaadaan sarana madrasah.
  8. Kemampuan mengelola pemeliharaan(preventif/perawatan)fasilitas madrasah
  9. Kemampuan mengelola pelaksanaan kegiatan inventaris.
  10. Kemampuan mengelola humas.
  11. Kemampuan melakukan pendekatanterhadap lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat.
  12. Kemampuan memperoleh dukungan positif dari komite madrasah
  13. Memelihara hubungan dengan masyarakat sekitar.
  14. Kemampuan berkomunikasi secara terbuka dalam batas tertentu.
  15. Melaksanakan penerimaan peserta didik sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.
  16. Melaksanakan layanan bimbingan dan konseling bagi peserta didik.
  17. Melaksanakan tata tertib madrasah bagi peserta didik.
  18. Memberikan dukungan dan apresiasi para peserta didik berprestasi / yang kurang mampu.
  19. Kemampuan mengelola pengembangan kurikulum.
  20. Mengembangkan rencana dan program pembelajaran.
  21. Melaksanakan metode pembelajaran yang efektif.
  22. Kemampuan mengelola kegiatan pengembangan sumber dan alat pembelajaran.
  23. Kemampuan membuat jadwal pelajaran.
  24. Kemampuan mengelola keuangan madrasah.
  25. Kemampuan mengupayakan sumber – sumber keuangan madrasah.
  26. Mengkoordinasikan pembelajaran keuangan.
  27. Menyampaikan laporan keuangan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  28. Kemampuan ketatausahaan madrasah.
  29. Kemampuan mengelola surat masuk dan surat keluar.
  30. Kemampuan mendokumentasikan arsip madarsah.
  31. Kemampuan mengelola kelengkapan administrasi madrasah.
  32. Kemampuan mengelola administrasi madrasah.
  33. Kemampuan mendayagunakan unit layanan kesehatan madrasah secara optimal.
  34. Mengkoordinasikan pengelolaan kantin sehat di madrasah.
  35. Mengkoordinasikan pengelolaan koperasi madrasah
  36. Kemampuan mengelola perpustakaan madrasah sebagai sumber belajar.
  37. Kemampuan mengelola sistem informasi madrasah.
  38. Kemampuan mengelola pemanfaatan teknologi informasi untuk menyusun database madrasah.
  39. Kemampuan mengelola sistem informasi madrasah supaya mudah diakses.
  40. Kemampuan menerima seluruh informasi yang masuk dengan baik dalam mengambil keputusan.
  41. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi madrasah.
  42. Mengembangkan prosedur dan mekanisme sistem layanan informasi.
  43. Mengkoordinasikan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran.
  44. Kemampuan mengatur pemanfaatan teknologi informasi untuk pengembangan sistem manajemen madrasah
BACA JUGA:   Dokumen Bukti Fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah dan Madrasah

E. Pengawasan

  1. Melaksanakan monitoring terhadap keberhasilan program madrasah.
  2. Memantau pelaksanaan program madrasah secara rutin.
  3. Melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan program kegiatan madrasah.
  4. Kemampuan menyampaikan laporan setiap program madrasah.
  5. Kemampuan merencanakan tindak lanjut setiap program madrasah setelah di evaluasi.

Selengkapnya File Terbaru, Lembar Observasi Penilaian Peningkatan Kinerja Manajerial Kepala Madrasah, dapat di Download melalui link di bawah ini:

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>> 

Protected by Copyscape

By admin