MIFJANAHGANDOL – Siswa Madrasah Tetap Uggul di Ajang NYIA BRIN 2022 – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengumumkan pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) dan National Young Inventors Award (NYIA) 2020. Pengumuman ini dilakukan setelah peserta menjalani pameran virtual dan penjurian 25-28 Oktober 2022. Siswa Madrasah berhasil berkompetisi dan menjadi juara dalam ajang Kompetisi Ilmiah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tahun 2022 tersebut.

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan ( KSKK ) Madrasah Moh. Isom mengatakan, banyak prestasi yang ditorehkan madrasah di berbagai ajang perlombaan. Hal ini mencerminkan semangat madrasah mandiri berprestasi.

“Kami terus berupaya untuk menggali potensi siswa melalui berbagai macam rangkaian program yang dapat mengembangkan dan merangsang kreativitas dan inovasi siswa madrasah,” ungkap Isom di Jakarta, Senin (31/10/2022).

Isom menyampaikan, salah satu ajang kompetisi yang diikuti siswa madrasah bersama sekolah umum lainnya, yaitu Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Ke-54 Tahun 2022 yang menjadi sarana siswa madrasah dalam meningkatkan prestasinya.

“Madrasah sekarang ini sudah mulai menunjukkan eksistensinya diberbagai macam even perlombaan baik itu bersifat akademik maupun non akademik yang diselenggarakan oleh kementerian atau lembaga lainnya, mulai dari prestasi tingkat regional, kab/kota, provinsi, nasional hingga internasional,” katanya.

Menurut Ishom, semua prestasi ini merupakan kerja keras dan kerja cerdas seluruh warga madrasah. “Kita hanya perlu mendorong, memotivasi, dan memfasilitasi siswa madrasah agar tumbuh dan berkembang, mengasah talenta, bakat, serta minat yang dimiliki para siswa, baik akademik maupun non akademik,” tuturnya.

Berikut pemenang Kompetisi Ilmiah LIPI Tahun 2022

Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-54

Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati

Muhammad Iqba Fauji dan Nabilah Husniyah (MAN 2 Tasikmalaya),Rizkia Khanifa dan Aida Himmatul Ulya (MAN1 Kudus), Chily Hitatarisya Zaliatin (MAN 1 Kota Malang), Indah Laila Asshofa dan Zahra Nur Shafa (MAN 2 Kudus).

BACA JUGA:   Pencairan Bantuan Sosial PIP Tahap IV Jenjang MI dan MA Tahun Anggaran 2020. Ini Surat Edarannya

Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan

Puti Zahira Mukhsin (MTsN 33 Jakarta), Iyyaka Qia Qolbiy dan Eka Destiyana Sari (MAN 1 Jombang), Saskia Aulia Ramadhani dan Aurellia Lysandrs Meisya (Man 1 Yogyakarta), Hafizah An Nazihah dan Annisa Azka Izzati (MTs 1 Kota Makassar), Iqbal Rizki Sucahyo dan Niswa Asmi Zameilani (MAN 2 Ponorogo), Fidzia Alim dan Rosiana Fitria Fadillah (MAN Kota Batu).

Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Kelautan

Azifa Rusyda Dewi dan Muhammad Bahrul Ulum (MAN1 Kudus), Verinta Adelia Putri dan Zahra Dwi ugyn ( MAN 1 Banyuwangi), Daffa Althaf Muammar dan Muhammad Haedar Fahmi (MAN 1 Jembrana), Zainab Az Zahra dan Novita Dian Sasmita (MAN 3 Cilacap).

Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik

Rafina Lutfi Arifatu Nisa an Najwa Qori’atun (MAN 2 Ponorogo), La’salina Razin dan Amrina Rosyada (MAN 1 Kudus).

Selain LKIR, BRIN juga menyelenggarakan Kompetisi National Young Inventors Award (NYIA), yaitu ajang kompetisi bagi remaja dalam melakukan inovasi dan invensi di bidang teknologi.

Menurut Kasubdit Kesiswaan, Nanaik Puji Hasuti bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, memberikan apresiasi dan menggali potensi remaja di bidang inovasi teknologi.

“Ajang NYIA baru diselenggarakan beberapa tahun terkhir ini, merupakan Lomba tingkat nasional sebagai ajang untuk menjaring inventor remaja berpartisipasi pada kompetisi tingkat regional maupun internasional,”ucap Nanik.

Kompetisi NYIA

Berikut Nama pemenangnya;

  1. Sajid Suhla Amilul Haq dan Puspita (MAN 2 Kudus)
  2. Nuha Afza dan Aura Cantika Putri Seyana (MTsN 3 Malang)
  3. Gaida Salsabila Arden dan Nur Laia Ramadhani (MAN 2 Ponorogo)
  4. Muhammad Lingga Padantya danMuhammad Izzat Adnan Kamal (MTsN 1 Kota Malang)
  5. Syafika Yasyfa dan Shayla Marsha Putri Taurisea (MAN 1 Kudus)
  6. Marsa Adawiyah dan Dini Aulyah S Riastami (MAN Insan Cendekia Kendari)
  7. Rafika Anggi Kuswardani dan Annida Dina Alayya (MAN 1 Kudus)
  8. Deandra Mayla Syaputri dan Sholihatul Maulida (MAN 1 Kota Malang)
BACA JUGA:   Rakor GTK Bahas Peningkatan Kompetensi Hingga Kesejahteraan Guru

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>> 

Protected by Copyscape

 

 

By admin