MIFJANAHGANDOL – Siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Jannah Gandol, Melaksanakan Kegiatan PAS Tahun Pelajaran 2022-2023 – Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2022-2023 tahun ini dimulai pada hari ini (Senin, 5/12/2023). Sejatinya pelaksanaa PAS tahun ini diagendakan mulai Tanggal 28 November dan berakhir di Tanggal 4 Desember 2022, tetapi karena ada perubahan Jadwal PAS seperti dijelaskan oleh Kepala Madrasah Tajudin, S.Pd.I, maka pelaksanaan PAS baru dapat dilaksanakan hari ini, diikuti oleh seluruh siswa di jenjang Madrasah Ibtidaiyah Kelas I hingga Kelas VI.

Nampaknya kesiapan pelaksanaan Peniliaan Akhir Semster (PAS) Ganjil ini lebih matang, terlihat dari beberapa dokumen yang disiapkan, diantaranya mualai dari SK pembentukan Panitia PAS, Pengawas Ruang, Pemeriksaan Naskah Soal, dan Jadwal PAS sudah disiapkan lebih awal, sehingga pelaksanaan PAS lebih siap, Jelas Kepala Madrasah, Tajudin, S.Pd.I

Seperti biasanya kesiapan panitia, sudah memiliki standar operasional prosedur agar PAS berlangsung lancar. “Sejak seminggu lalu panitia berkoordinasi dengan para guru kelas masing-masing untuk mensosialisasikan pelaksanaan PAS ini kepada siswa dan mengkondisikan ruangan agar nyaman selama pelaksanaan kegiatan. Kami pastikan kesiapan naskah soal PAS kepada guru kelas dan guruu bidang studi memiliki level middle order thinking skill (MOTS) dan level high order thinking skill (HOTS). Selain itu, kesiapan lainnya seperti tempat duduk yang nyaman untuk para peserta ujian, juga ruangan yang bersih sudah disiapkan sebelumnya.

Jadwal Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester yang terpampang di mading madrasah, mulai hari pertama hingga hari terakhir tersusun beberapa mata pelajaran, mulai dari pelajaran umum (tematik, matematika, PJOK) hingga mata pelajaran PAI (Al-Qur’an Hadis, Akhidah Akhlak, Fikih, SKI, dan Bahasa Arab), dari seluruh mata pelajaran yang nampak di mading madrasah terdapat dua Mapel yang dianggap sulit oleh sebagian siswa, yaitu mata pelajaran Bahasa Arab dan Mapel Matematika. Menanggapi hal itu, Titi Sopiah Nur, S.Pd.I yang menjadi pengawas di ruang Kelas III kadang menerima keluhan dari beberapa siswa tentang dua mata pelajaran tersebut. Pasalnya, bagi siswa yang masih duduk di Kelas III, Mapel Bahasa Arab dianggap mata pelajaran sulit seperti halnya matematika pada kelas di atasnya.

BACA JUGA:   Susun RPJPN 2025 - 2045, Kemenag Diingatkan Ancaman Pembangunan Bidang Agama

Dari pantauan Admin, Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil hari pertama tidak ada kendala yang dihadapi panitia maupun peserta. Kepala Madrasah Tajudin, S.Pd.I, sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh panitia baik itu mengenai SOP pelaksanaan maupun tindakan antisipatif demi suksesi PAS di tahun ini.

“Alhamdulillah pelaksanaan PAS tahun ini berjalan dengan sangat baik dan lancar di hari pertama ini, semoga untuk hari-hari kedepannya akan lebih baik lagi, saya juga menyambut baik apa yang telah dipersiapkan panitia, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan hari pertama ini, dan juga SOP yang telah disusun jauh-jauh hari sebelumnya sangat efektif dalam pelaksanaan PAS kali ini,” pungkas kepala madrasah.

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>> 

Protected by Copyscape

By admin