MIFJANAHGANDOL – Program Kewirausahaan Kepala Madrasah Terbaru – Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah menegaskan bahwa seorang kepala sekolah/madrasah harus memiliki lima dimensi kompetensi minimal yaitu: kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Kepala sekolah/madrasah adalah guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah/madrasah sehingga ia pun harus memiliki kompetensi yang disyaratkan memiliki kompetensi guru yaitu: kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Salah satu indikator kompetensi profesional adalah kompetensi pengembangan profesi.Satu di antara pengembangan profesi adalah kemampuan dalam bidang penelitian dan pengembangan. Sehingga kepala sekolah dalam bekerja sudah seharusnya mengaplikasikan dan memahami bagaimana membuat proposal yang baik, selanjutnya melakukan dan melaporkan hasil usulan proposalnya, yang terkadang pada tahap pelaksanaannya masih belum sesuai dengan apa yang diharapkan.

Upaya untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah/madrasah telah dilakukan melalui berbagai strategi. Salah satu strategi untuk menjangkau seluruh kepala sekolah/madrasah dalam waktu yang cukup singkat adalah memanfaatkan forum Kerja Kepala Sekolah/Madrasah (MKKS/M) sebagai wahana belajar bersama.Kepala sekolah/madrasah dalam forum tersebut dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman guna bersama-sama meningkatkan kompetensi dan kinerjanya dalam suasana kesejawatan yang akrab.

Standar Kompetensi Kewirausahaan

Standar Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah/Madrasah ini disesuaikan dengan cakupan dimensi kompetensi kepala sekolah/madrasah /madrasah seperti yang terdapat dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/madrasah. Dalam peraturan tersebut terdapat lima dimensi kompetensi yaitu: kepribadian, manajerial, supervisi, dan sosial. Setiap dimensi kompetensi memiliki kompetensi dasar yang harus dimiliki seorang kepala sekolah/madrasah.

Secara rinci Dimensi Kompetensi Kewirausahaan:

  1. Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/madrasah.
  2. Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif.
  3. Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah.
  4. Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah.
  5. Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan sekolah/madrasah sebagai sumber belajar peserta didik.
BACA JUGA:   Kumpulan Twibbon Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H Tahun 2022

Tujuan Program Kewirausahaan

Tujuan Program Kewirausahaan ini disusun dengan tujuan untuk:

  1. dijadikan rencana pelaksanaan kegiatan dan tindak lanjut dalam meningkatkan dimensi kompetensi kewirausahaan Kepala Madrasah; dan
  2. meningkatkan keefektifan kepemimpinan kepala sekolah/madrasah, peran kepala sekolah/madrasah sebagai wirausaha, dan profesionalisme kepala sekolah/madrasah yang berdampak pada peningkatan kinerja guru di lingkungan madrasah.

Satu di antara dimensi kompetensi Kepala Madrasah adalah kewirausahaan. Kewirausahaan di sini dalam makna untuk kepentingan pendidikan yang bersifat sosial bukan untuk kepentingan komersial. Kewirausahaan dalam bidang pendidikan yang diambil adalah karakteristiknya (sifatnya) seperti inovatif, bekerja keras, motivasi yang kuat, pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik, dan memiliki naluri kewirausahaan; bukan mengkomersilkan Madrasah. Semua karakteristik tersebut bermanfaat bagi Kepala Madrasah dalam mengembangkan Madrasah, mencapai keberhasilan Madrasah, melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai pemimpin, menghadapi kendala Madrasah, dan mengelola kegiatan Madrasah sebagai sumber belajar siswa.

Manfaat kompetensi kewirausahaan bagi Kepala Madrasah adalah:

  1. mampu menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan Madrasah,
  2. bekerja keras untuk mencapai keberhasilan Madrasah sebagai organisasi pembelajaran yang efektif,
  3. memiliki motivasi yang kuat untuk mencapai kesuksesan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai pemimpin Madrasah,
  4. pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala Madrasah,
  5. memiliki naluri kewirausahaan sebagai sumber belajar siswa, dan
  6. untuk menjadi teladan bagi para guru khususnya mengenai kompetensi kewirausahaan.

Selengkapnya File Program Kewirausahaan Kepala Madrasah Terbaru, dapat di Download melalui link di bawah ini:

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>> 

BACA JUGA:   Pendataan Madrasah Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Tahun Pelajaran 2023/2024

Protected by Copyscape

By admin