MIFJANAHGANDOL – Persyaratan, Jadwal dan Cara Pendaftaran SPAN-PTKIN 2023 – SPAN-PTKIN 2023 merupakan seleksi calon mahasiswa perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKIN) secara nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis.

Sekolah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah jenjang MA, MAK, SMA, SMK, Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu’adalah Muallimin/Mua’dalah Salafiyah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.

Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah MA, MAK, SMA, SMK, Pendidikan Diniyah Formal atau Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah atau Mu’adalah Muallimin/Mua’dalah Salafiyah.

Berdasarkan UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan PP Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengelolaan Perguruan Tinggi ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN atau Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan Prodi keagamaan di Indonesia dilakukan secara nasional.

Pola seleksi secara nasional pada perguruan tinggi disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh perguruan tinggi dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menag RI.

Sedangkan piaya pelaksanaan SPAN-PTKIN 2023 ditanggung oleh pemerintah, sehingga calon mahasiswa tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN 2023 secara nasional harus memenuhi prinsip adil, transparan, serta tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) melalui SPAN-PTKIN 2023.

BACA JUGA:   Gus Men Minta Pengawas Cegah Pelecehan dan Kekerasan di Madrasah

Persyaratan Jalur SPAN-PTKIN 2023

Persyaratan siswa yang mendaftarkan diri ke PTKIN menggunakan jalur SPAN-PTKIN 2023 ini adalah sebagai berikut:

  • Peserta didik Lulusan MA, MAK, SMA, SMK, Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok
  • Pensantren Salafiyah/Mu’adalah Muallimin/Mua’dalah Salafiyah kelas terakhir pada tahun 2023.
  • Siswa memiliki prestasi akademik dan memenuhi syarat yang ditentukan oleh Perguruan Tinggi.
  • Siswa memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  • Siswa memiliki nilai Rapor Kelas 10 Semester 1 dan 2, Kelas 11 Semester 1 dan 2, dan Kelas 12 Semester 1 yang telah di isikan di PDSS.

Jadwal Pelaksanaan Seleksi SPAN-PTKIN 2023

Jadwal Pelaksanaan SPAN-PTKIN 2023 dimulai bulan Januari 2023 sampai dengan April 2023 pada tahap pengumuman hasil seleksi SPAN-PTKIN 2023.

Secara rinci berikut adalah Jadwal Pelaksanaan Seleksi SPAN-PTKIN 2023;

  • Pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) : 17 Januari s.d 13 Februari 2023
  • Verifikasi PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa): 17 Januari s.d 13 Februari 2023
  • Pendaftaran (siswa): 16 Februari s.d 4 Maret 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi: 03 April 2023
  • Proses verifikasi atau pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing bagi yang lulus seleksi ditetapkan di PTKIN.

Cara Pendaftaran SPAN-PTKIN Tahun 2023

Pendaftaran mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri melalui seleksi SPAN-PTKIN Tahun 2023 adalah sebagai berikut:

  1. .Cek Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  2. Registrasi Akun Sekolah; silahkan cek data sekolah, inputkan email sekolah, email kepala sekolah, dan nomor Whatsapp kepala sekolah. Validasi Akun;
  3. Validasi akun akan dikirim ke Email sekolah dan Email kepala sekolah yang telah diinputkan pada saat registrasi
  4. Login Sekolah; Setelah proses validasi akun silahkan login sekolah di pdss.ptkin.ac.id
  5. Selanjutnya Cek Data Siswa; pada tahap ini silahkan cek data siswa kelas 12 dan inputkan nilai siswa serta Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).
BACA JUGA:   Kemenag Tegaskan TOT Kurikulum Merdeka Berbasis Kebutuhan Guru

Pendaftaran SPAN-PTKIN 2023 Siswa

Sedangkan Pendaftaran SPAN-PTKIN 2023 oleh siswa yakni dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Registrasi Siswa: Registrasi dilakukan oleh siswa dengan menginputkan NISN, NPSN, dan Email aktif siswa.
  2. Validasi Akun: Validasi akun yang telah dibuat akan dikirimkan oleh Panitia Nasional ke Email siswa yang diinputkan pada tahap registrasi SPAN-PTKIN 2023
  3. Login Siswa: siswa login kea kun yang telah dibuat dan divalidasi yang beralamatkan di siswa.ptkin.ac.id
  4. Cek Data Siswa: silahkan cek data diri dan nilai raport (silahkan hubungi sekolah jika nilai raport belum muncul)
  5. Upload Raport dan Prestasi yang dimiliki (Raport kelas 10 Semester 1 dan 2, kelas 11 semester 1 dan 2, dan kelas 12 semester 1)
  6. Pilih Program Studi (Prodi)
  7. Cetak Bukti Pendaftaran PTKIN 2023

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>>

Protected by Copyscape

By admin