MIFJANAHGANDOLPanduan Verifikasi Dan Validasi PIP Madrasah Tahun 2022 – Panduan Aplikasi Verifikasi dan Validasi PIP Madrasah Tahun 2022 ini disusun dalam rangka upaya untuk meningkatkan ketepatan sasaran sebelum ditetapkan sebagai penerima bantuan sosial Program Indonesia Pintar (PIP) Madrasah Tahun Anggaran 2022.

Pada aplikasi Verval PIP Madrasah tahun 2022 ini dibagi menjadi 4 fitur utama yaitu:

1. Nominasi
Siswa yang sudah melakukan aktivasi rekening dan aktif di madrasah Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022

2. Validasi
Siswa yang tidak melakukan aktivasi rekening tetapi masih aktif di madrasah Semester Genap Tahun pelajaran 2021/2022

3. Residu
Siswa yang tidak sinkron dengan EMIS dikarenakan penulisan nama siswa atau tanggal lahir atau nama ibu kandung berbeda dengan data EMIS

4. Konfirmasi Data
Konfirmasi data telah melaksanakan verifikasi dan validasi data siswa madrasah calon penerima Program Indonesia Pintar Tahap I Tahun 2022

Langkah-langkah Verifikasi Dan Validasi PIP Madrasah

Dalam hal pelaksanaan Verifikasi dan validasi PIP Madrasah Tahun 2022, perlu memperhatikan langkah-langkah sesuai dengan yang telah ditetapkan pada Panduan Aplikasi, berikut adalah langkah-langkah verval dari awal hingga langkah konfirmasi.

1. Login Akun Madrasah

Lakukan Login ke aplikasi yang beralamat di https://emadrasah.kemenag.go.id/verval atau melalui https://pipmadrasah.kemenag.go.id. Masukkan username dan password Anda:

2. Dashboard

Setelah login berhasil, Anda akan dialihkan ke dashboard Akun Pengguna

3. Membuka Halaman Nominasi

4. Tampilan Halaman Nominasi

5. Membuka Halaman Validasi Siswa

6. Cara Melakukan Validasi Siswa (menonaktifkan Siswa)

Klik tombol NONAKTIFKAN, setelah tombol Nonaktifkan diklik, akan tampil jendela Konfirmasi alasan siswa Tidak Aktif, silakan pilih alasan siswa tidak aktif, lalu klik tombol YA, kemudian akan tampil nontifikasi data berhasil diubah lalu klik OK. Status dan Keterangan siswa yang sudah divalidasi akan berubah sesuai hasil validasi.
Untuk lebih jelasnya, perhatikan keterangan gambar di bawah ini.

BACA JUGA:   Download Surat Edaran Kegiatan Pembelajaran di Madrasah Pasca Libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H

7. Cara Melakukan Validasi Siswa (Mengaktifkan Siswa)

Apabila ada kesalahan dalam memvalidasi data, Anda bisa mengembalikan status keaktifan siswa menjadi aktif kembali dengan cara sebagai berikut:

8. Tampilan Halaman Residu

Halaman Residu memuat informasi data, pilihan status (data tidak sama dengan siswa tidak ditemukan), fitur download excel, kotak pencarian siswa dan tombol Sinkronkan.

9.Perbaikan Data

Pastikan terlebih dahulu keaktifan siswanya, jika masih aktif, silakan perbaiki dengan cara klik tombol Sinkronkan. Jika data PIP dengan data EMIS terindikasi sama, data akan masuk ke halaman Nominasi.

10. Konfirmasi Data

Operator Madrasah WAJIB melakukan konfirmasi telah selesai melakukan verval data siswa madrasah penerima PIP di menu Konfirmasi Data.
Ikuti caranya seperti dijelaskan pada gambar di bawah ini.

Untuk selengkapnya Panduan Verifikasi dab Validasi PIP Madrasah, dapat du unduh melalui link di bawah ini:Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>>

Protected by Copyscape

By admin