MIFJANAHGANDOL – Modul Kepala Sekolah Pembelajar Kelompok Kompetensi 07 | Peningkatan Kualitas Pembelajaran – Peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang paling dominan adalah kepemimpinan kepala sekolah. Kepala sekolah adalah sebagai agen perubahan yang dapat memimpin peningkatan kualitas pembelajaran dengan melibatkan warga sekolah dan masyarakat. Kepala sekolah dapat memotivasi dan mendorong pendidik dan staf untuk meningkatkan kualitas dan kontribusinya dalam pembelajaran. Kepala sekolah dapat memberdayakan masyarakat untuk berperan aktif dalam peningkatan kualitas pembelajaran.

Keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola dan mendayagunakan semua potensi yang ada, khususnya mengembangkan sumberdaya manusia dan mengoptimalkan fasilitas sekolah, akan berpengaruh besar terhadap kinerja pendidik dalam peningkatan kualitas pembelajaran sehingga berdampak positif pada kualitas peserta didik dan kinerja sekolah.

Modul ini dirancang dengan memperhatikan aspek keterlaksanaan dan manfaat bagi peserta yang memiliki tugas dan tanggungjawab dalam pengelolaan sekolah. Pembelajaran modul setiap topik dan subtopik meliputi kegiatan diskusi, kerja individu, berpikir reflektif, pelaporan dan presentasi. Selanjutnya, dilaksanakan kegiatan penguatan dan latihan soal. Jika tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan diskusi maka kegiatan dilakukan secara individu.

Keseluruhan pembelajaran modul ini diakhiri dengan refleksi, penilaian diri, dan penilaian oleh fasilitator. Penilaian modul ini digunakan untuk mengetahui pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Modul ini memperhatikan aspek-aspek inklusi sosial, yang dapat dipergunakan dalam kondisi sosial-budaya kepala sekolah yang beragam, mempertimbangkan isu-isu suku, etnis, agama, ras, golongan, jenis kelamin, status sosial ekonomi, penyandang HIV/AIDS, dan yang berkebutuhan khusus. Inklusi sosial ini juga diberlakukan bagi pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan lingkungan sekitar sekolah.

Petunjuk Penggunaan Modul Kepala Sekolah Pembelajar

1. Modul Peningkatan Kualitas Pembelajaran ini berisi tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam: (1) memberdayakan pendidik berdasarkan potensi, minat, bakat, dan kebutuhan peserta didik, (2) mengembangkan kompetensi pedagogis pendidik dalam proses pembelajaran termasuk pemanfaatan TIK, dan (3) memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan dalam mendayagunakan unit layanan khusus sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

BACA JUGA:   Pencairan Bantuan Pokja Tahap 1 dan 2 Tahun 2022

2. Setelah mempelajari Modul ini, kepala sekolah diharapkan dapat:

  1. Memimpin dan memberdayakan pendidik dalam menyusun rencana, pelaksanaan,dan evaluasi program pembelajaran di kelas berdasarkan potensi, minat, bakat, dan kebutuhan peserta didik;
  2. Melakukan berbagai upaya peningkatan kompetensi pedagogis pendidik dalam proses pembelajaran termasuk pemanfaatan TIK secara optimal dan berkelanjutan, sesuai dengan kebutuhan untuk peningkatan kualitas pembelajaran;
  3. Memimpin dan memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan dalam menyusun rencana, pelaksanaan, dan evaluasi program seluruh unit layanan khusus sebagai fasilitas dan sumber belajar yang berkualitas.

3. Modul ini terdiri dari 3 (tiga) bagian yaitu: Penjelasan Umum Modul; Kegiatan Pembelajaran yang juga memuat Lembar Kerja dan Latihan Soal, dan Bahan Bacaan.

4. Sebelum mempelajari Modul ini, Saudara harus memiliki dokumen-dokumen sebagai berikut:

  1. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah;
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah;
  3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah;
  4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah;
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah;
  6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan;
  7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;
  8. Data peserta didik, data kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri, data unit layanan khusus, dan dokumen hasil supervisi akademik;

5. Modul ini berkaitan dengan modul: Pengelolaan Peserta Didik Baru, Pengelolaan Administrasi Sekolah, Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pengembangan Sekolah, Pengelolaan Kurikulum, dan Pengelolaan Sarana dan Prasarana.

6. Waktu yang dipergunakan untuk mempelajari modul ini diperkirakan 30 Jam Pembelajaran (JP). Satu JP setara dengan 45 menit. Perkiraan waktu ini sangat fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan. Penyelenggara pembelajaran bisa menyesuaikan waktu dengan model pembelajaran di Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pember-dayaan Kepala Sekolah (LPPKS), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPPPTK KPTK), atau model pembelajaran lain dengan pemanfaatan teknologi lain.

BACA JUGA:   Bantuan 2.095 Pokja Guru Madrasah Cair Oktober 2022

7. Untuk melakukan kegiatan pembelajaran, Saudara harus mulai dengan membaca petunjuk dan pengantar modul ini, menyiapkan dokumen yang diperlukan, mengikuti tahap demi tahap kegiatan pembelajaran secara sistematis dan mengerjakan perintah-perintah kegiatan pembelajaran pada Lembar Kerja (LK). Setiap menyelesaikan kegiatan pembelajaran di masing-masing topik, Saudara akan mengerjakan latihan soal. Untuk melengkapi pemahaman, Saudara dapat membaca bahan bacaan dan sumber-sumber lain yang relevan.

8. Setelah mempelajari modul ini, Saudara dapat mengimplementasikan hasil belajar tersebut di sekolah. Waktu pelaksanaan yang direkomendasikan di awal semester.

9. Dalam melaksanakan setiap kegiatan pada modul ini, Saudara harus mempertimbangkan aspek inklusi sosial tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, status sosial ekonomi, penyandang HIV/AIDS dan yang berkebutuhan khusus. Inklusi sosial ini juga diberlakukan bagi pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik.

Target Kompetensi

Memberdayakan semua komponen sekolah dan pemangku kepentingan dalam mengembangkan suasana, lingkungan, dan iklim pembelajaran yang kondusif, untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik, dengan memberdayakan layanan khusus dan pembelajaran berbasis Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK). (dirumuskan dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007, kompetensi 2.4 Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif; 2.5 Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik; 2.10 Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional; 2.13 Mengelola unit layanan khusus sekolah/madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah; 2.15 Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah)

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari modul ini, diharapkan kepala sekolah mampu:

  1. Mengembangkan suasana, iklim akademis, dan lingkungan belajar yang kondusif untuk meningkatkan prestasi belajar.
  2. Mengaplikasikan proses dan penilaian pembelajaran sesuai standar proses dan penilaian.
  3. Mengarahkan warga sekolah dalam memecahkan masalah peningkatan prestasi, membuat, dan melaksanakan, maupun menilai pelaksanaan program peningkatan kualitas belajar peserta didik.
  4. Merumuskan tujuan, menyusun perencanaan, mensinergikan pelaksanaan, dan mengevaluasi keterlaksanaan program layanan khusus.
  5. Memfasilitasi guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi model pembelajaran berbasis TIK.
BACA JUGA:   Mau Ikut PPG 2022, Ini Persyaratan Mendapat Undangan PPG Daljab 2022 Kemenag

Organisasi Pembelajaran

Modul untuk kepala sekolah pembelajar ini terdiri atas 3 bagian yaitu: Penjelasan Umum Modul, Kegiatan Pembelajaran yang memuat lembar kerja dan latihan soal, serta Bahan Bacaan.

Pada kegiatan ini, Saudara akan mendapatkan gambaran dan bekal yang memadai, terkait dengan topik yang ada pada modul. Topik 1, membicarakan Pembelajaran Berdasarkan Potensi, Minat, Bakat, dan Kebutuhan Peserta Didik; Topik 2, membicarakan Peningkatan Kompetensi Pedagogis Pendidik dalam Pembelajaran; dan Topik 3, membicarakan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Pendayagunaan Unit Layanan Khusus sebagai Fasilitas dan Sumber Belajar yang Berkualitas. Dengan mempelajari topik-topik yang tersedia dalam modul, Saudara mendapat kesempatan untuk melakukan diskusi, praktik, dan latihan soal. Saudara diharuskan memberikan laporan proses maupun hasil kegiatan ini sebagai dasar dalam mengevaluasi dan menyempurnakan layanan pembelajaran di tempat saudara bekerja. Setelah mengikuti kegiatan tersebut Saudara dapat melakukan penilaian diri dan juga dinilai oleh fasilitator.

Untuk memperkaya pengetahuan dan pemahaman serta meningkatkan kepemimpinan dalam kualitas pembelajaran di sekolah, Saudara diharapkan membaca bahan bacaan yang tersedia dalam modul ini maupun sumber lain, misalnya dari internet, perpustakaan, dan media cetak.

Selengkapnya File Modul Kepala Sekolah Pembelajar Kelompok Kompetensi 07 | Peningkatan Kualitas Pembelajaran, dapat di Download melalui link di bawah ini.

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>>

Protected by Copyscape

By admin