MIFJANAHGANDOL – Menag Tinjau Pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Banten 2022 – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini menghadiri sekaligus meninjau pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) X tingkat Provinsi Banten di MAN Insan Cendekia Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel).

Menag hadir didampingi Staf Khusus Abdul Rochman, Ishfah Abidal Azis dan Kabag TU Pimpinan Sidik Sisdiyanto.

Tampak menyambut Menag saat tiba di MAN IC Serpong, Kakanwil Kemenag Banten Nanang Fatchurrochman, Wakil Walikota Tangsel, Forkopimda Pemprov Banten dan Kepala MAN IC Serpong Abdul Basit.

Seremony pembukaan KSM ke X tingkat Provinsi Banten berlangsung di aula MAN IC Serpong dan dihadiri civitas madrasah, sekolah umum, tokoh pendidikan dan para Kakankemenag se Provinsi Banten.

Sebelum memasuki aula tempat pembukaan KSM, Menag didampingi Kakanwil Kemenag Banten dan Kepala MAN IC Serpong meninjau beberapa gedung di komplek MAN IC Serpong, termasuk lapangan yang berada di samping aula dan gedung Laboratorium Olimpiade Sains Terpadu tempat peserta berkompetisi.

Mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutan saat pembukaan KSM X Tingkat Provinsi Banten, Staf Khusus Menag Abdul Rochman mengajak kepada insan madrasah dan mitra sekolah di bawah Kemendikbud untuk menjaga semangat berkompetisi dalam bidang sains dengan sebaik-baiknya.

“Jaga kondusifitas dan fokus berkompetisi secara sehat, yang tidak hanya menekankan pada peningkatan prestasi, tetapi juga menjaga nilai kejujuran dan etika budaya sebagai pembelajar sportif, yang tetap tersenyum jika belum beruntung meraih juara, juga tidak jumawa atau sombong jika memperoleh predikat juara. Sesuai dengan tujuan KSM 2022 yakni untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan
kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Abdul Rochman, Sabtu (10/9/2022).

BACA JUGA:   Sudah Ada Regulasi, Pemda Bisa Beri Bantuan untuk Madrasah

“Kami merasa bangga dan bersemangat untuk menyaksikan kejayaan kompetisi Sains Madrasah dari tahun ke tahun sebagai sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang digelar secara rutin oleh Kementerian Agama,” sambungnya.

KSM ke-X Tingkat Provinsi Banten mengusung tema Mandiri Berprestasi Bangkitkan Negeri. Ajang ini akan berlangsung 10-11 September 2022.

“Kepada seluruh peserta dan pendamping KSM Provinsi Banten, saya mengucapkan selamat menjalankan giat berkompetisi ini. Ikuti dan taati aturan yang diterapkan panitia. Semua peserta pasti ingin menjadi yang terbaik dan keluar sebagai pemenang, Tetapi yang belum beruntung menjadi pemenang harus tetap tersenyum, harus tetap berbangga hati, Sebab pemenang sesungguhnya adalah mereka yang memiliki kecerdasan untuk mengevaluasi diri,” tandas Gus Adung sapaan akrab Abdul Rochman.

Kakanwil Kemenag Banten Nanang Fatchurrochman dalam laporannya menyampaikan kompetisi sains tahunan ini diikuti 8 kabupaten/kota di Banten, masing-masing kontingen mengirimkan pesertanya sebanyak 33 orang dengan jenjang SMA/MA (Madrasah Aliyah), SMP/MTS (Madrasah Tsanawiyah), MI/SD (Madrasah Ibtidaiyah) yang menguji kompetisi 11 mata pelajaran.

“Total peserta yang mengikuti KSM tingkat Provinsi Banten tahun ini berjumlah 264 orang. KSM tingkat Provinsi Banten tidak hanya diikuti siswa madrasah di bawah Kementerian Agama melainkan juga diikuti peserta dari sekolah umum di bawah Kemendikbud,” kata Nanang.

Ia menambahkan dalam kompetisi ini setiap mata pelajaran yang diujikan diintegrasikan dengan Alquran dan Al-Hadits serta nilai-nilai agama Islam, dengan harapan para siswa menguasai Sains dan agama Islam secara integrasi.

“Para pemenang dalam KSM tingkat Provinsi Banten ini nantinya akan menjadi delegasi provinsi untuk bersaing di tingkat nasional,” ujarnya.

Kepala MAN IC Serpong, Abdul Basit, mengaku senang madrasahnya menjadi tempat ajang KSM tingkat Provinsi Banten. Pasalnya ajang KSM bersinergi dengan misi MAN IC Serpong yang senantiasa mengembangkan sains dan agama secara seimbang.

BACA JUGA:   Panduan EMIS Madrasah Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Seiring capaian, MAN Insan Cendekia Serpong memperoleh peringkat pertama se-Indonesia dalam pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer.

“KSM menjadi ajang pengembangan sains madrasah bagi siswa MAN IC dan madrasah di Provinsi Banten. Sebagai tuan rumah penyelengaraan KSM tingkat provinsi, ini menjadi kebanggaan bagi kami ditambah dengan hadirnya Menteri Agama Bapak Yaqut Cholil Qoumas di pembukaan KSM,” kata pria yang sebelumnya pernah menjadi Kepala MAN IC Kendari ini.

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>>

Protected by Copyscape

By admin