MIFJANAHGANDOL – Layout Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) Jenjang MI, MTs, Dan MA – Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) adalah suatu Rencana yang disusun dengan berdasarkan pada Profil Madrasah sebagai bahan petimbangan untuk meningkatkan kinerja Madrasah di semua bidang, dengan tujuan untuk meningkatkan Mutu Pendidikan. Dalam rangka pelaksanaan Manajemen Berbasis Madrasah (School Based Managemant), Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) disusun berdasarkan Rencana Kerja Madrasah (RKM) yang disusun untuk jangka waktu 4 (empat) tahun mendatang.

Dengan melibatkan berbagai unsur terkait, diharapkan Rencana Kerja Tahunan Madrasah ke depan dapat memenuhi keinginan masyarakat serta melibatkan masyarakat dalam kegiatan Madrasah. Segala perencanaan baik dana maupun kegiatan Belajar Mengajar akademik dan non akademik dapat diketahui oleh orangtua murid dan masyarakat, sehingga dapat ikut berpartisipasi secara langsung ke dalam kegiatan Madrasah.

Karakteristik Rencana Kerja Tahunan Madrasah adalah bahwa RKTM ini disusun secara Partisipatif yaitu melibatkan semua unsur yang terkait dalam Pendidikan anak di Madrasah, seperti telah disebutkan di atas. Transparan artinya RKTM disusun secara terbuka demokrasi dengan menerima masukan dari orangtua murid dan masyarakat, serta dipertanggungjawabkan secara langsung kepada orangtua murid dan masyarakat melalui papan pengumuman maupun melalui pertemuan Komite dan Paguyuban Kelas.

Multi Sumber artinya RKTM disusun bukan hanya berdasarkan satu sumber dana, melainkan berbagai sumber dana yang mungkin dapat digali dan diperoleh Madrasah untuk Peningkatan Mutu Pendidikan, serta meningkatkan kinerja Madrasah.
Komprehenship artinya RKTM yang disusun memuat seluruh kegiatan yang akan dilaksakan oleh Madrasah baik bersifat akademik maupun non akademik, sarana prasarana maupun pendanaannya.

Tujuan penyusunan RKTM adalah:

  1. Membantu Madrasah dalam membelanjakan anggaran secara bijaksana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam satu tahun.
  2. Membantu Madrasah dalam merespon tuntutan partisipasi masyarakat, dan
  3. Membantu Madrasah dalam meningkatkan keterbukaan dan akuntabilitas.
BACA JUGA:   Pengumuman Penerima Bantuan Insentif Guru PAI Non PNS Tahun 2022

Adapun manfaat RKTM adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai acuan bagi Madrasah untuk mencapai target-target peningkatan kualitas pendidikan yang akan dicapai dalam jangka pendek,
  2. Dapat digunakan sebagai panduan bagi Madrasah dalam memanfaatkan subsidi baik subsidi dari pemerintah maupun dari non pemerintah,
  3. Sebagai sumber inspirasi bagi seluruh warga Madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, dan
  4. Sebagai tolok ukur bagi keberhasilan implementasi berbagai program peningkatan mutu pendidikan di Madrasah.

Dalam menyusun rencana kerja tahunan Madrasah ini meliputi dua kegiatan, yaitu (1) merumuskan rencana strategis Madrasah yang dilakukan melalui enam langkah (a) menetapkan sasaran, (b) merumuskan program, (c) menentukan indikator keberhasilan, dan (d) menentukan kegiatan, (e) menetapkan penanggungjawab dan (f) menyusun jadwal kegiatan. (2) Merumuskan rencana rutin Madrasah yang langkahnya sama dengan merumuskan rencana strategis Madrasah.

Selengkapnya File Layout Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) Jenjang MI, MTs, Dan MA, dapat di Download melalui link di bawah ini:

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>> 

Protected by Copyscape

By admin