MIFJANAHGANDOLKetentuan Jadwal, Materi dan Kisi-Kisi Ujian Madrasah (UM) Tahun 2022 – Kementerian Agama Republik Indonesia telah meniadakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) sejak tahun lalu. Dengan memasuki tahun 2022, maka Direktur Jenderal Pendidikan Islam telah menerbitkan POS Ujian Madrasah tahun 2022 yang merupakan panduan pelaksanaan ujian madrasah jenjang mi, mts, ma dan mak di tahun pelajaran 2021/2022.

Pengertian Ujian Madrasah

Ujian Madrasah (UM) adalah ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan (madrasah) jenjang MI, MTs, MA, dan MAK, berupa kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.

Persyaratan Peserta Ujian Madrasah

1. Jenjang MI:

  1. Terdaftar pada tahun terakhir pada MI.
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  3. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai kelas IV semester I sampai dengan kelas VI semester I.

2. Jenjang MTs:

  1. Terdaftar pada tahun terakhir pada MTs.
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  3. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai kelas VII semester I sampai dengan kelas IX semester I.
  4. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai semester I sampai dengan semester V untuk penyelenggara Sistem Kredit Semester (SKS).

3. Jenjang MA/MAK:

  1. Terdaftar pada tahun terakhir pada MA/MAK.
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  3. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai kelas X semester I sampai dengan kelas XII semester I (satu).
  4. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai semester I sampai dengan semester V untuk penyelenggara Sistem Kredit Semester (SKS).

Bentuk Ujian Madrasah

1. Pada masa pandemi Covid-19, bentuk Ujian Madrasah pada jenjang MI, MTs, dan MA/MAK dapat berupa:

  • portofolio,
  • penugasan,
  • praktek,
  • tes tertulis, dan/atau
  • bentuk lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.
BACA JUGA:   Download POS Ujian Madrasah Tahun 2021/2022

2. Berbagai bentuk ujian tersebut dapat dipilih salah satu atau gabungan beberapa bentuk. Prinsip utama pemilihan bentuk ujian disesuaikan secara proporsional berdasarkan kebutuhan pengukuran kompetensi pada setiap mata pelajaran yang akan diujikan.

Materi Ujian Madrasah 2022

  1. Materi ujian untuk mata pelajaran umum mengacu pada kurikulum 2013 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
  2. Materi ujian untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab mengacu pada KMA 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.

Kisi-Kisl UM MI MTs MA MAK 2022

  1. Kisi-kisi UM disusun oleh guru mata pelajaran dan ditetapkan oleh madrasah penyelenggara UM dalam bentuk SK Kepala Madrasah.
  2. Kisi-kisi UM mata pelajaran al Quran-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agama RI. (untuk silakan unduh DISINI).
  3. Kisi-kisi UM disusun berdasarkan kritcria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.

Naskah Soal UM MI MTs MA MAK 2022

  1. Naskah soal UM disusun oleh guru mata pelajaran mengacu pada kisi-kisi UM.
  2. Soal tes yang dikembangkan disesuaikan dengan bentuk ujian yang dipilih. Bila ujian dalam bentuk soal tes tertulis, dapat berupa Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, menjodohkan dan uraian.
  3. Naskah soal UM disusun oleh Guru mata pelajaran pada satuan pendidikan.
  4. Dalam hal di madrasah terdapat keterbatasan sumber daya, maka guru madrasah yang bersangkutan dapat melakukan sharing pengetahuan dengan madrasah lain pada forum KKG /MGMP.
  5. Naskah soal tidak boleh mengandung unsur SARA, politik praktis, bertentangan dengan Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Mata Pelajaran UM MI MTs MA MAK 2022

  1. Mata pelajaran yang diujikan dalam UM meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas 6 MI, kelas 9 MTs dan kelas 12 MA/MAK sesuai kurikulum yang berlaku.
  2. Madrasah dapat memilih salah satu bentuk ujian dari setiap mata pelajaran yang diujikan sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur.
  3. Ujian mata pelajaran Penjas Orkes, Seni Budaya, Prakarya, Kewirausahaan, dan Informatika disarankan dalam bentuk penugasan atau praktek.
BACA JUGA:   Dibuka Pendaftaran Program Beasiswa Indonesia Bangkit, Sarjana dan Pascasarjana

Jadwal Ujian Madrasah 2022

Kapan waktu pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2021/2022 untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) dan MAK?

Wajar saja jika siswa dan orang tua bahkan juga Gurunya di tingkat kelas akhir pada jenjang MI, MTs, dan MA/MAK menanyakan kapan waktu dan jadwal pelaksanaan Ujian Madrasah Tahun 2022 tersebut. Hal ini mengingat semester terakhir di setiap jenjang madrasah saat ini telah berjalan beberapa bulan. Sehingga setiap siswa dituntut untuk mulai mempersiapkan diri dalam ujian tersebut agar mendapatkan hasil maksimal.

Di samping itu, baru-baru ini Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam pun telah menerbitkan POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022. Regulasi dalam bentuk Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 455 Tahun 2022 itu mengatur terkait Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022. Tentu di dalamnya akan memuat tentang kapan waktu dan jadwal ujian tersebut diselenggarakan.

Menyimak isi SK Ditjen Pendis Nomor 455 Tahun 2022 tersebut, ternyata penyelenggaraan Ujian Madrasah diserahkan kepada masing-masing satuan pendidikan. Termasuk dalam menetapkan waktu dan jadwal pelaksanaan ujian.

POS Ujian Madrasah tersebut hanya memberikan batasan-batasan dalam menetapkan waktu dan jadwal ujian yang harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Ketuntasan kurikulum.
  2. Kalender pendidikan di masing-masing madrasah.
  3. Hari libur nasional/keagamaan.
  4. Jadwal pengumuman kelulusan.

Kartu Peserta di Cetak Lewat Aplikasi PDUM

Lebih lanjut terkait tahapan pendataan peserta ujian. Di mana pendataan dan validasi data peserta Ujian Madrasah tahun 2022 akan menggunakan Aplikasi PDUM. Aplikasi ini akan bisa mulai digunakan untuk memvalidasi data peserta mulai tanggal 21 Februari 2022.

Disebutkan juga bahwa daftar peserta UM dicetak melalui Aplikasi PDUM, dan selanjutnya madrasah penyelenggara menetapkan peserta UM melalui SK Kepala Madrasah. Pun terkait dengan Kartu Peserta di mana kartu tersebut akan dicetak melalui Aplikasi PDUM oleh madrasah penyelenggara UM dan disahkan oleh kepala madrasah.

BACA JUGA:   Instrumen Siap, 19 November Kemenag Asesmen Guru dan Pengawas Madrasah

Demikian informasi tentang Ketentuan Jadwal, Materi dan Kisi-Kisi Ujian Madrasah (UM) Tahun 2022, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru tentang Pendidikan dan Aplikasi Keren silakan Gabung di Telegram (KLIK DISINI)

Protected by Copyscape 

By admin