MIFJANAHGANDOL – Kebijakan Pengadaan CASN Formasi Tahun 2022 Kementerian Agama – Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yangmemenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintah.

Yang menjadi landasan hukum pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) adalah Undang-undang republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara; Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja; Perpres 28 tahun 2020, KepmenPANRB Nomor 76 Tahun 2022 Tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 1197 Tahun 2021 Tentang Jabatan Fungsional Yang Dapat Diisi Oleh PPPK;
Perpres Nomor 98 Tahun 2020 Tentang Gaji dan Tunjangan PPPK;PermenPANRB Nomor 70 Tahun 2020 Tentang Masa Hubungan Perjanjian Kerja PPPK;PermenPANRB Nomor 71 Tahun 2020 Tentang Pemberi KuasaPengangkatan PPPK; dan PermenPANRB Nomor 29 Tahun 2021 Tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional.

Kebijakan Nasional dalam Pengadaan ASN Tahun 2022 dilakukan hanya untuk PPPK yang berfokus pada pelayanan dasar (Guru dan Tenaga Kesehatan). Kebutuhan guru dan tenaga kesehatan yang belum terpenuhi akan dibuka kembali sepanjang diusulkan oleh Pemerintah Daerah.Selain itu, kebutuhan juga dapat dialokasikan bagi THK-II (Tenaga Honor Kategori II) yang memenuhi persyaratan dengan kebijakan yang lebih berpihak. Kebutuhan ASN diusulkan oleh Instansi Pusat dan Daerah dengan memperhatikan kemampuan pembayaran gaji dan tunjangan sesuai peraturan perundang-undangan.

Arah kebijakan dan strategi nasional yang menjadi mandat RPJMN kepada Kementerian Agama:

  1. Pelamar Calon PPPK. Kementerian Agama telah mengusulkan kepada Kementerian PANRB, bahwa pelamar Calon ASN Kementerian Agama memprioritaskan bagi mereka yang sudah mengabdi di kementerian Agama;
  2. Kompetensi. Calon PPPK Kementerian Agama akan mengikuti Seleksi Kompetensi dengan Sistem CAT BKN untuk mengukur kompetensi manajerial, sosial kultural, dan teknis, serta wawancara berbasis CAT untuk integritas dan moralitas;
  3. Moderasi Beragama. Calon PPPK Kementerian Agama akan mengikuti Tes Moderasi Beragama menggunakan Sistem CAT Mandiri Kementerian Agama untuk mengukur tingkat pemahaman dalam Implementasi Moderasi Beragama;
  4. Profil ASN. ASN Kementeria Agama (PPPK) akan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan jabatan dan meiliki pemahaman beragama yang moderat, sehingga dapat mencapai tujuan Kementerian Agama secara keseluruhan.
BACA JUGA:   Download Contoh Buku Kerja Guru 1 2 3 4 Revisi Terbaru K13 Untuk Tahun 2022

Setiap WNI dapat melamar menjadi PPPK dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 1 tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar;
  2. Tidak pernah dipidana penjara 2 tahun atau lebih;
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hotmat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai ASN, Prajurit TNI, anggota Kepolisian Negara RI, atau pegawai swasta;
  4. Tidak menjadi anggota/pengurus Parpol atau terlibat politik praktis;
  5. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan;
  6. Memiliki kompetensi dibuktikan dengan sertifikasi keahlian atau keterampilan tertentu yang masih berlaku;
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar;
  8. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK;
  9. Calon pelamar hanya dapat mendaftar pada 1 (satu) Instansi dan 1 (satu) formasi jabatan.

Distribusi Alokasi Formasi CASN Tahun 2022

Rencana Anggaran Pelaksanaan CASN Tahun 2022. Satuan Kerja segera membuat beberapa skenario penyesuaian anggaran Palaksanaan Seleksi CASN Formasi Tahun 2022 sesuai dengan perkiraan jadwal. Sehingga setelah terbit surat Menteri PANRB segera dapat diajukan untuk revisi anggaran.

Biro Kepegawaian agar menyiapkan template rencana skenario penyesuaian anggaran Pelaksanaan Seleksi CASN Formasi Tahun 2022 untuk disampaikan kepada Satuan Kerja dan Biro Perencanaan mengakselerasi usulan revisi anggaran Satker.

Satuan Kerja menyiapkan anggaran Pelaksanaan Seleksi CASN Formasi Tahun 2022 (proses lanjutan) sesuai dengan perkiraan jadwal menyiapan Rencana Seleksi CASN Tahun 2023 untuk CPNS dan CP3K.

Biro Kepegawaian agar menyiapkan tempalte rencana skenario penyesuaian anggaran Palaksanaan Seleksi CASN Formasi Tahun 2022 (proses lanjutan) untuk disampaikan kepada Satuan Kerja dan Biro Perencanaan melakukan kontrol terhadap kesesuaian anggaran Satuan Kerja untuk Formasi Tahun 2022 dan untuk formasi Tahun 2023.

BACA JUGA:   Kurikulum Prototipe - Kurikulum untuk opsi Pemulihan Pembelajaran 2022 - 2024

Selengkapnya File Kebijakan Pengadaan CASN Formasi Tahun 2022 Kementerian Agama, dapat di Download melalui link di bawah ini:

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>> 

Protected by Copyscape

By admin