MIFJANAHGANDOL – Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Pelaksanaan Rencana Kerja Madrasah – Kepala Madrasah merupakan seorang pemimpin atau leader di sebuah satuan pendidikan. Kepala Madrasah dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya tentu harus memiliki Program Kerja. Kepala Madrasah harus memiliki Program Kerja yang baik agar Madrasah menjadi maju, menjadi Madrasah Hebat Bermartabat, Madrasah Mandiri Berprestasi, Madrasah Lebih Baik.

Program Kerja Kepala Madrasah memiliki tujuan yaitu membantu dalam mencapai visi dan misi suatu organisasi atau madrasah, membantu dalam menjawab kebutuhan madrasah, dan membantu organisasi bekerja lebih sistematis dan terstruktur sehingga akan berdampak pada kemajuan sebuah madrasah tersebut.

Rencana Kerja Madrasah (RKM) merupakan sebuah proses perencanaan atas semua hal dengan baik dan teliti untuk mencapai tujuan pendidikan. Dengan tujuan agar madrasah dapat menyesuaikan dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, sosial budaya masyarakat, potensi madrasah dan kebutuhan peserta didik. RKM (Rencana Kerja Madrasah) disusun sebagai pedoman kerja dalam pengembangan madrasah, dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan madrasah, dan sebagai bahan acuan untuk mengidentifikasi serta mengajukan sumber daya yang diperlukan.

Rencana pengembangan madrasah ini dimaksudkan agar dapat dipergunakan sebagai kerangka acuan oleh kepala madrasah dalam mengambil kebijakan, disamping itu sebagai pedoman dalam mencapai keberhasilan pelaksanaan progam belajar mengajar dan administrasi madrasah yang lain, agar pengelola madrasah tidak menyimpang dari prinsip-prinsip manajemen. Keberhasilan perencanaan ini menuntut peran serta aktif dari seluruh warga madrasah dan dukungan dari warga masyarakat. Seluruh komponen madrasah harus mempunyai persepsi yang sama terhadap visi dan misi sehingga seluruh progam yang dijalankan oleh madrasah tidak menyimpang dari visi dan misi tersebut.

BACA JUGA:   SE Buku Digital Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab Madrasah

Beberapa komponen pembinaan Kepala Madrasah yang menjadi sasaran supervisi adalah ketersiaan beberapa komponen yang dimiliki oleh kepala madrasah, diantaranya:

  1. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
  2. Kalender Pendidikan/Akademik
  3. Struktur Organisasi Madrasah
  4. SK Pembagian Tugas Guru
  5. SK Pembagian Tugas Tenaga Kependidikan
  6. Pearturan Akademik
  7. Tata Tertib Madrasah
  8. Kode Etik Madrasah
  9. Pedoman Penggunaan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana
  10. Pedoman Biaya Operasional Madrasah

Dalam konteks pengawasan satuan pendidikan, dimensi perbaikan lebih ditonjolkan dibanding dimensi penilaian semata. Hal ini karena proses pendidikan tidak dapat disamakan dengan proses produksi barang/jasa dalam sebuah perusahaan atau penyelesaian pekerjaan pada sebuah proyek.

Pendidikan mengolah (mentransformasikan) manusia untuk berubah dan bertambah dari segi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki, sehingga sifatnya lebih abstrak dan tidak mudah diukur secara utuh. Dengan demikian pengawasan yang dilakukan oleh pengawas pendidikan lebih bersifat pembinaan dan bimbingan yang ditujukan pada perbaikan pelaksanaan.

Meski pun demikian, dalam sebuah pengawasan tetap diperlukan adanya instrumen yang disusun dari standar atau kriteria yang ditetapkan. Justru dalam pendidikan yang abstrak itu, melalui instrumen pengawasan target penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan menjadi observable dan measurable (dapat diamati dan diukur). Di sinilah diperlukan kemampuan pengawas satuan pendidikan untuk menyusun atau mengembangkan instrumen pengawasan sebagaimana dimaksud.

Pengawas profesional adalah pengawas sekolah yang melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial serta kegiatan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dengan optimal. Selain itu untuk meningkatkan profesionalisme pengawas sekolah maka perlu dilaksanakan pengembangan profesi secara berkelanjutan dengan tujuan untuk menjawab tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks dan untuk lebih mengarahkan sekolah ke arah pencapaian tujuan pendidikan nasional yang efektif, efisien dan produktif.

BACA JUGA:   Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Materi Pembinaan Sarana Prasarana Ruang Kelas

Download Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Pelaksanaan Rencana Kerja Madrasah

Selengkapnya File Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Pelaksanaan Rencana Kerja Madrasah, dapat di Download melalui link di bawah ini:

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>> 

Protected by Copyscape

By admin

One thought on “Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Pelaksanaan Rencana Kerja Madrasah”

Comments are closed.