MIFJANAHGANDOL – Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Materi Pembinaan Pembiayaan – Penilaian adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data sebagai bahan pengambilan keputusan. Sehubungan dengan itu, setiap kegiatan penilaian berujung pada pengambilan keputusan. Penilaian kinerja guru dengan tugas tambahan sebagai kepala sekolah/madrasah yang selanjutnya disebut penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data yang sesungguhnya kepala sekolah/madrasah kerjakan pada setiap indikator pemenuhan standar. Efektivitasnya ditentukan dengan mengukur keberhasilan mencapai target pada tiap indikator dibandingkan dengan target yang ditetapkan dalam program.

Sekolah/madrasah satuan pendidikan dipimpin oleh seorang kepala sekolah yang mampu memimpin dengan indikator memiliki pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diwujudkannya dalam melaksanakan tugas keprofesionalan sesuai dengan standar pengelolaan satuan pendidikan.

Dalam hal tersebut kepala sekolah/madrasah wajib menunjukkan kemampuan:

  1. Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan.
  2. Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah/ madrasah secara optimal.
  3. Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif.
  4. Menciptakan budaya dan iklim sekolah/ madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik.
  5. Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal.
  6. Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik.
  7. Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.
  8. Mengelola sumber daya sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang efektif, efisien dan akuntabel.
  9. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah.
  10. Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
  11. Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.
  12. Menindaklanjuti hasil evaluasi program dalam rangka peningkatan pemenuhan standar
BACA JUGA:   Paparan Teknis Aplikasi ANBK Tahun 2022 Revisi

Kepala sekolah/madrasah memiliki otoritas utama untuk menyiapkan langkah-langkah penting mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi, dan pelaporan terhadap proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah. Oleh karena itu, penguasaan kecakapan kepemimpinan kepala sekolah menjadi hal yang sangat penting. Kecapakan kepemimpinan tidak lagi diukur dari keterampilan menyelenggarakan kegiatan operasional, melainkan dari kemahiran dan kemampuannya menggerakkan orang lain dalam organisasi. Usaha mewujudkan capaian tingkat tinggi dari sebuah sekolah, bukanlah pekerjaan mudah. Untuk memenuhi capaian tersebut, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian kepala sekolah, diantaranya: penetapan kriteria yang ketat untuk setiap perilaku mengajar guru; penetapan kriteria yang ketat untuk setiap perilaku belajar siswa; penetapan kriteria yang ketat untuk setiap kegiatan interaksi antara guru dan siswa; penyediaan buku-buku pembelajaran dan buku pelengkap; pemetaan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler yang mendukung program inti sekolah; evaluasi keefektifan pembelajaran secara kontinyu; pelembagaan program-program yang bersifat kompetitif; pelibatan orang tua atau wali siswa dalam mengontrol perilaku belajar di rumah; pengembangan budaya belajar; mendatangkan nara sumber sebagai kelompok teladan, dan kegiatan lain yang relevan

Pengawasan anggaran sekolah/madrasah menjadi agenda yang tak kalah penting. Pengawasan anggaran sekolah dapat dilakukan oleh beberapa pihak. Pertama, komite atau dewan sekolah. Komite sekolah yang terdiri dari wakil pemerintah daerah, guru, tokoh masyarakat dan wakil alumni mempunyai tanggung jawab dalam menjalankan fungsi kontrol. Komite sekolah dapat mengawasi jalannya penggunaan anggaran sekolah dari dalam. Artinya, mereka dapat memantau segala kegiatan dan penggunaan anggaran sekolah sebagai representasi sekolah itu sendiri.

Kegiatan pengawasan yang dimaksud adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi atau menghindari masalah yang berhubungan dengan penyalahgunaan wewenang, kebocoran dan pemborosan keuangan negara, pungutan liar dan bentuk penyelewengan lainnya. Pengawasan APBS dari dana BOS meliputi pengawasan melekat (Waskat), pengawasan fungsional dan pengawasan masyarakat.

BACA JUGA:   Capaian Pembelajaran (CP) Implementasi Kurikulum Merdeka SD Fase C

Pembiayaan pendidikan adalah keseluruhan dana dan upaya yang diserahkan oleh masyarakat dan pemerintah untuk mendapatkan dan menciptakan pendidikan yang bermutu, dalam artian bahwa pembiayaan pendidikan merupakan kunci dari keberhasilan suatu lembaga pendidikan pada satuan pendidikan. Besarnya pembiayaan pendidikan pada salah suatu satuan pendidikan akan mempermudah satuan pendidikan tersebut untuk menjalankan program pendidikan yang telah direncanakan, namun sebaliknya kecilnya pembiayaan pendidikan pada satuan lembaga pendidikan akan memperkecil peluang dari satuan pendidikan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, apalagi jika dikaitkan dengan peningkatan mutu pendidikan yang sangat erat kaitannya dengan pembiayaan pendidikan.

Beberapa komponen instrumen pengukuran kinerja kepala sekolah/madrasah materi pembinaan pembiayaan yang menjadi sasaran supervisi adalah ketersidiaan berupa:

  1. Buku Kas Umum
  2. Buku Kas Pembantu BOS Pusat
  3. Buku Bank
  4. Buku Tabungan BOS
  5. Laporan Bulanan/LPJ BOS
  6. Melaksanakan Pemeriksaan kas oleh kepala madrasah
  7. Buku Pajak
  8. Buku Kas BOSDA
  9. Buku Pajak BOSDA
  10. Buku Tabungan BOSDA
  11. Memiliki Buku Perencanaan Belanja
  12. Transparansi dan Akuntabilitas

Dalam konteks pengawasan satuan pendidikan, dimensi perbaikan lebih ditonjolkan dibanding dimensi penilaian semata. Hal ini karena proses pendidikan tidak dapat disamakan dengan proses produksi barang/jasa dalam sebuah perusahaan atau penyelesaian pekerjaan pada sebuah proyek.

Pendidikan mengolah (mentransformasikan) manusia untuk berubah dan bertambah dari segi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki, sehingga sifatnya lebih abstrak dan tidak mudah diukur secara utuh. Dengan demikian pengawasan yang dilakukan oleh pengawas pendidikan lebih bersifat pembinaan dan bimbingan yang ditujukan pada perbaikan pelaksanaan.

Meski pun demikian, dalam sebuah pengawasan tetap diperlukan adanya instrumen yang disusun dari standar atau kriteria yang ditetapkan. Justru dalam pendidikan yang abstrak itu, melalui instrumen pengawasan target penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan menjadi observable dan measurable (dapat diamati dan diukur). Di sinilah diperlukan kemampuan pengawas satuan pendidikan untuk menyusun atau mengembangkan instrumen pengawasan sebagaimana dimaksud.

BACA JUGA:   Contoh SK TIM Manajemen Pengelolah BOS Tahun 2022

Pengawas profesional adalah pengawas sekolah yang melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial serta kegiatan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dengan optimal. Selain itu untuk meningkatkan profesionalisme pengawas sekolah maka perlu dilaksanakan pengembangan profesi secara berkelanjutan dengan tujuan untuk menjawab tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks dan untuk lebih mengarahkan sekolah ke arah pencapaian tujuan pendidikan nasional yang efektif, efisien dan produktif.

Download Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Materi Pembinaan Pembiayaan

Selengkapnya File Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Materi Pembinaan Pembiayaan, dapat di Download melalui link di bawah ini:

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>> 

Protected by Copyscape

By admin