MIFJANAHGANDOL – Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Materi Pembinaan Administrasi Perpustakaan – Perpustakaan tidak hanya berkaitan dengan gedung dan buku saja, namun juga sistem penyimpanan, pemeliharaan, pengguna dan bagaimana cara menggunakan atau memanfaatkannya. Maka perpustakaan dapat diartikan sebagai kesatuan unit kerja yang terdiri dari beberapa bagian yaitu, bagian pengembangan koleksi, pengolahan koleksi, bagian layanan pengguna dan bagian pemeliharaan sarana parasarana. Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang melayani siswa, guru dan karyawan dari suatu sekolah tertentu. Perpustakaan sekolah didirikan untuk menunjang pencapaian tujuan sekolah, yaitu pendidikan dan pengajaran seperti digariskan dalam kurikulum sekolah.

Apakah perpustakaan termasuk administrasi?

Perpustakaan termasuk sebagai salah satu komponen yang ada di dalam administrasi layanan khusus. Secara lebih konkrit perpustakaan dapat dirumuskan sebagai suatu unit kerja dari sebuah lembaga pendidikan yang berupa tempat penyimpanan koleksi buku-buku pustaka untuk menunjang proses pendidikan.

Administrasi layanan khusus adalah memberi layanan secara khusus atau suatu usaha yang tidak secara langsung berkenaan dengan proses belajar mengajar di kelas. Tetapi secara khusus diberikan oleh sekolah kepada para siswamnya agar mereka lebih optimal dalam melaksanakan proses belajar. Layanan yang terdapat dalam administrasi perpustakaan adaah sumber bacaan,tempat ruangan dan layanan dari pustakawan itu sendiri. Layanan-layananan khusus tersebut memiliki peran dan fungsinya masing-masing dalam membantu jalannya pendidikan. Perpustakaan sebagai layanan khusus bisa dimaksudkan sarana prasarana yang dekat hubungan nya dengan lembaga pendidikan, baik formal ataupun nonformal.Budaya baca perlu ditingkatkan dengan membuat programprogram dan kegiatan kegiatan yang dapat mendekatkan masyarakat dengan buku buku(Pamungkas & Sunarti, 2018).Hal itu karena perpustakaan dan sejenisnya sangat penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

BACA JUGA:   Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Materi Pembinaan Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah

Tugas seorang pustakawan adalah pengelolaan dan pelayanan perpustakan dalam hal mencari, mengumpulkan dan menyajikan informasi agar dapat membantu keinginan pengguna. Pustakawan bertanggung jawab atas pengelolaan koleksi perpustakaan, baik buku, jurnal, majalah, buletin, maupun dokumen lainnya seperti CD dan DVD. Disamping itu juga Memelihara dan perbaikan buku-buku/bahan pustaka/media elektronik. Inventarisasi dan pengadministrasian buku-buku/bahan pustaka/media elektronika. Melakukan layanan bagi siswa, guru, dan tenaga kependidikan lainnya, serta masyarakat. Menyusun tata tertib perpustakaan.

Kegiatan administrasi perpustakaan merupakan kegiatan administrasi, dalam arti ketatausahaan. Kegiatan ini meliputi: menghimpun, mengelola, mengadakan, mengirim dan menyimpan.

Penyusunan organisasi merupakan tugas kepala sekolah sebagai administrator pendidikan. Sebelum ditetapkan, proses penyusunan organisasi sebaiknya dibahas bersama-sama dengan seluruh anggota agar hasil yang diperoleh benar-benar merupakan kesepakatan bersama. Kepala Perpustakaan mempunyai tugas sebagai berikut: Menyusun program kerja jangka pendek, menengah dan panjang, serta menyusun petunjuk pelaksanaan dan rencana anggaran keuangan. Mengorganisasi tugas-tugas tenaga perpustakaan dan menyiapkan rencana kebutuhan tenaga serta sarana dan prasarana yang diperlukan.

Beberapa komponen yang harus ada dalam administrasi Perpustakaan yang menjadi sasaran supervisi kepala sekolah/madrasah diantaranya:

  1. Struktur Organisasi
  2. Program Kerja
  3. Buku Kunjungan Siswa
  4. Buku Kunjungan Pendidik/Guru
  5. Buku Pinjaman
  6. Daftar Katalog Atau E-Katalog
  7. Daftar Nama Buku
  8. Grafik Kunjungan Siswa
  9. Tata Tertib Penggunaan Perputakaan
  10. Buku Penerimaan Buku
  11. Laporan Bulanan
  12. Buku Induk Anggota Perpustakaan
  13. Daftar Buku Fiksi dan Nonfiksi
  14. Kartu Peminjam
  15. Catatan Buku Rusak atau Hilang

Dalam konteks pengawasan satuan pendidikan, dimensi perbaikan lebih ditonjolkan dibanding dimensi penilaian semata. Hal ini karena proses pendidikan tidak dapat disamakan dengan proses produksi barang/jasa dalam sebuah perusahaan atau penyelesaian pekerjaan pada sebuah proyek.

Pendidikan mengolah (mentransformasikan) manusia untuk berubah dan bertambah dari segi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki, sehingga sifatnya lebih abstrak dan tidak mudah diukur secara utuh. Dengan demikian pengawasan yang dilakukan oleh pengawas pendidikan lebih bersifat pembinaan dan bimbingan yang ditujukan pada perbaikan pelaksanaan.

BACA JUGA:   Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Materi Pembinaan Administrasi Kesiswaan

Meski pun demikian, dalam sebuah pengawasan tetap diperlukan adanya instrumen yang disusun dari standar atau kriteria yang ditetapkan. Justru dalam pendidikan yang abstrak itu, melalui instrumen pengawasan target penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan menjadi observable dan measurable (dapat diamati dan diukur). Di sinilah diperlukan kemampuan pengawas satuan pendidikan untuk menyusun atau mengembangkan instrumen pengawasan sebagaimana dimaksud.

Pengawas profesional adalah pengawas sekolah yang melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial serta kegiatan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dengan optimal. Selain itu untuk meningkatkan profesionalisme pengawas sekolah maka perlu dilaksanakan pengembangan profesi secara berkelanjutan dengan tujuan untuk menjawab tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks dan untuk lebih mengarahkan sekolah ke arah pencapaian tujuan pendidikan nasional yang efektif, efisien dan produktif.

Download Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Materi Pembinaan Administrasi Perpustakaan

Selengkapnya File Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Materi Pembinaan Administrasi Perpustakaan, dapat di Download melalui link di bawah ini:

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>> 

Protected by Copyscape

By admin