MIFJANAHGANDOL – Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Materi Pembinaan Administrasi Kepegawaian – Pegawai merupakan salah satu sumber daya dalam organisasi dan meruoakan sumber daya yang penting. Pegawai akan mengelola seluruh sumber daya yang ada dalam organisasi. Sempurnanya semua sumber daya dalam organisasi tetapi jika tidak dikelola dengan baik oleh pegawai atau manusia yang ada maka organisasi tidak akan berhasil. Sehingga diperlukan pengelolaan yang baik terhadap orang yang ada dalam organisasi atau administrasi kepegawaian.

Administrasi kepegawaian merupakan seni untuk memilih karyawan baru dan memanfaatkan karyawan lama dengan sedemikian rupa sehingga kualitas dan kuantitas maksimum dari output kegiatan dan layanan diperoleh dari tenaga kerja. Sedangkan untuk fungsi administrasi atau kegiatan administrasi kepegawaian meliputi:

  1. Pengembangan terhadap struktur organisasi untuk melaksanakan program pada bagian kepegawaian termasuk tugas serta tanggung jawab dari setiap pegawai yang ditentukan dengan jelas dan tegas.
  2. Penggolongan jabatan yang dilakukan secara sistematis dan diikuti dengan perencanaan gaji yang adil dengan mempertimbangkan persaingan yang berat dari sektor swasta.
  3. Penarikan atau rekruten tenaga kerja yang baik.
  4. Seleksi pegawai yang akan menjamin dalam proses pengangkatan calon pegawai yang cakap
    serta penempatannya tersebut dalam jabatan yang sesuai.
  5. Perencanaan latihan jabatan untuk dapat menambah keterampilan pegawai, memotivasi semangat kerja, dan mempersiapkan pegawai untuk melakukan kenaikan pangkat.
  6. Penilaian kecakapan pegawai yang dilakukan secara berkala dan teratur yang bertuuan untuk meningkatkan hasil kerja pegawai dan menentukan pegawai yang cakap.
  7. Perencanaan untuk kenaikan pangkat pegawai yang didasarkan atas kecakapan pegawai dengan adanya sistem jabatan. Pegawai-pegawai yang baik akan diletakkan pada jabatan-jabatan yang sesuai dengan kemampuannya sehingga pegawai tersebut dapat mencapai tingkat jabatan yang paling tinggi.
  8. Hubungan antarmanusia perlu dilakukan pada berbagai kegiatan untuk meningkatkan hubungan baik antar pegawai.
  9. Moril serta disiplin pegawai pada sebuah organisasi digunakan untuk memelihara dan mempertahankan moril dan disiplin pegawai termasuk budaya organisasi.
BACA JUGA:   Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Materi Pembinaan Pengelolaan Laboratorium

Lingkup kegiatan administrasi kepegawaian, antara lain meliputi penerimaan, penempatan, pengembangan, dan pemberhentian tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan organisasi sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Tujuan administrasi kepegawaian yaitu sebagai berikut: Guna memperkuat sistem perencanaan dan pengembangan pegawai dan pemenuhan atau rekrutmen sesuai dengan tingkat kebutuhan yang telah tersedia. Untuk mengembangkan sistem manajemen informasi kepegawaian.

Termasuk dalam bidang pengelolaan administrasi kepegawaian yaitu menyelenggarakan urusan-urusan yang berhubungan dengan penyeleksian, pengangkatan kenaikan pangkat, cuti, perpindahan dan pemberhentian anggota staf sekolah, pembagian tugas-tugas di kalangan anggota staf sekolah, masalah jaminan kesehatan dan ekonomi, penciptaan hubungan kerja yang tepat dan menyenangkan, masalah penerapan kode etik jabatan.

Kaitannya dengan hal supervisi, kepala sekolah/madrasah harus menguasai bidang kepegawaian, untuk itu beberapa komponen yang harus disiapkan dalam upaya mendukung supervisi bidang administrasi kepegawaian diantaranya:

  1. Kepegawaian
  2. Buku Kepegawaian
  3. Daftar Hadir Guru/Staf
  4. Notulen Rapat
  5. File Kepegawaian
  6. Arsip Hasil PKG
  7. Buku Cuti
  8. File Surat Izin Guru/Staf
  9. File Pribadi Guru
  10. Buku Tamu Umum
  11. Buku Tamu Pembinaan
  12. Buku Catatan Pribadi Guru Dalam Kepala Sekolah
  13. Buku Kenaikan Pangkat
  14. Buku Kenaikan Gaji Berkala
  15. Papan Data Pegawai Lengkap
  16. Melaksanakan Pengelolaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Dalam konteks pengawasan satuan pendidikan, dimensi perbaikan lebih ditonjolkan dibanding dimensi penilaian semata. Hal ini karena proses pendidikan tidak dapat disamakan dengan proses produksi barang/jasa dalam sebuah perusahaan atau penyelesaian pekerjaan pada sebuah proyek.

Pendidikan mengolah (mentransformasikan) manusia untuk berubah dan bertambah dari segi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki, sehingga sifatnya lebih abstrak dan tidak mudah diukur secara utuh. Dengan demikian pengawasan yang dilakukan oleh pengawas pendidikan lebih bersifat pembinaan dan bimbingan yang ditujukan pada perbaikan pelaksanaan.

BACA JUGA:   Kemenag Butuh 192.008 PPPK Formasi Guru Madrasah

Meski pun demikian, dalam sebuah pengawasan tetap diperlukan adanya instrumen yang disusun dari standar atau kriteria yang ditetapkan. Justru dalam pendidikan yang abstrak itu, melalui instrumen pengawasan target penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan menjadi observable dan measurable (dapat diamati dan diukur). Di sinilah diperlukan kemampuan pengawas satuan pendidikan untuk menyusun atau mengembangkan instrumen pengawasan sebagaimana dimaksud.

Pengawas profesional adalah pengawas sekolah yang melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial serta kegiatan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dengan optimal. Selain itu untuk meningkatkan profesionalisme pengawas sekolah maka perlu dilaksanakan pengembangan profesi secara berkelanjutan dengan tujuan untuk menjawab tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks dan untuk lebih mengarahkan sekolah ke arah pencapaian tujuan pendidikan nasional yang efektif, efisien dan produktif.

Download Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Materi Pembinaan Administrasi Kepegawaian

Selengkapnya File Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Materi Pembinaan Administrasi Kepegawaian, dapat di Download melalui link di bawah ini:

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>> 

Protected by Copyscape

By admin

One thought on “Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Materi Pembinaan Administrasi Kepegawaian”

Comments are closed.