MIFJANAHGANDOL – Instrumen Pengukuran Kinerja Guru Pelayanan Peserta Dididik Bimbingan Konseling – Bimbingan adalah pelayanan bantuan kepada peserta didik baik secara perorangan maupun kelompok agar kalian mampu mandiri dan berkembang secara optimal dalam bidang pengembangan kehidupan pribadi, sosial, belajar, dan perencanaan karir melalui jenis layanan dan kegiatan pendukung berdasarkan norma-norma yang berlaku. Kegiatan bimbingan pada umumnya dapat dilakukan secara klasikal dan kelompok dan bersifat umum atau tidak rahasia. Karena pandemic covid-19 maka kegiatan bimbingan dilaksanakan sama seperti mapel pada umumnya yaitu secara daring dengan penyampaian materi pendamping utk memotivasi kalian selama Belajar dari Rumah. Sedangkan Konseling adalah hubungan profesional yang dilakukan secara tatap muka antara konselor dan konseli Konselor adalah guru BK sedangkan konseli adalah kalian, tujuannya untuk membantu konseli atau kalian memahami dan memperjelas pandangan terhadap ruang lingkup hidupnya sehingga dapat membuat pilihan yang bermakna bagi dirinya. Dalam konseling Tanggung jawab penyelesaian masalah ada ditangan siswa, artinya siswa yang membuat keputusan untuk penyelesaian masalahnya.

Kegiatan konseling bersifat rahasia dan dilakukan secara tatap muka,tetapi karena pandemi covid-19 maka kegiatan konseling dilakukan melalui media komunikasi seperti telepon, whatsapp, inbox, dll. Kegiatan konseling yang menggunakan media komunikasi kita sebut dengan e counseling atau cyber counseling

Ada beberapa fungsi dari layanan Bimbingan Konseling, secara umum akan kita bahas empat fungsi Bimbingan Konseling.

Fungsi yang pertama adalah fungsi pemahaman, maksudnya adalah layanan bimbingan konseling ditujukan agar kalian memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap diri kalian dan lingkungan kalian, baik lingkungan tempat tinggal maupun lingkungan sekolah dan masyarakat

Fungsi yang kedua dari bimbingan konseling adalah fungsi pencegahan, yaitu membantu kalian dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan timbulnya masalah dan berupaya untuk mencegahnya supaya kalian tidak mengalami masalah dalam kehidupan kalian

Fungsi yang ketiga dari Bimbingan konseling adalah fungsi perbaikan dan penyembuhan, maksudnya adalah membantu kalian agar dapat memperbaiki kekeliruan berfikir, berperasaan, berkehendak, dan bertindak. Guru BK akan memberikan perlakuan terhadap kalian supaya kalian memiliki pola fikir yang rasional dan memiliki perasaan yang tepat sehingga kalian mampu merencanakan dan melaksanakan tindakan produktif dan normative.

BACA JUGA:   Download Surat Edaran BKN Nomor: 4825/B-MP.01.02/SD/D/ tentang Persyaratan SPTJM PPPK JF Guru Tahun 2021

Fungsi yang ke empat adalah fungsi pengembangan yaitu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, yang memfasilitasi perkembangan kalian melalui pembangunan jejaring yang bersifat kolaboratif.

Tujuan Layanan Bimbingan Konseling.

Tujuan umum dari kegiatan layanan bimbingan dan konseling adalah membantu peserta didik agar dapat mencapai kematangan dan kemandirian dalam kehidupannya serta menjalankan tugas-tugas perkembangannya yang mencakup aspek pribadi, sosial, belajar, karir secara utuh dan optimal. Tujuan Khusus layanan bimbingan konseling adalah membantu peserta didik agar mampu:

  1. Memahami dan menerima diri dan lingkungannya
  2. Merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir, dan kehidupannya dimasa yang akan dating
  3. Mengembangkan potensinya seoptimal mungkin
  4. Menyesuaikan diri dengan lingkungannya
  5. Mengatasi hambatan atau kesulitan dalam kehidupan
  6. Mengaktualisasikan diri secara bertanggung jawab.

Asas – asas dalam layanan Bimbingan Konseling

  1. Asas Kerahasiaan, yaitu asas layanan yang menuntut konselor atau guru bimbingan konseling merahasiakan segenap data dan keterangan tentang peserta didik sesuai dengan kode etik bimbingan konseling
  2. Kesukarelaan, yaitu asaskesukaan dan kerelaan peserta didik mengikuti layanan yang diperlukannya
  3. Keterbukaan, yaitu asas layanan guru bimbingan konseling yang bersifat terbuka dan tidak berpura-pura dalam memberikan dan menerima informasi.
  4. Keaktifan, yaitu asas layanan guru bimbingan konseling kepada peserta didik yang memerlukan keaktifan dari kedua belah pihak
  5. Kemandirian, yaitu asas layanan guru bimbingan konseling yang merujuk pada tujuan agar peserta didik mampu mengambil keputusan pribadi, belajar, sosial, dan karir secara mandiri.
  6. Kekinian, yaitu asas layanan guru bimbingan konseling yang berorientasi pada perubahan situasi dan kondisi masyarakat.
  7. Kedinamisan, yaitu asas layanan guru bimbingan konseling yang berkembang dan berkelanjutan ya ng memandang tentang hakikat manusia, kondisi-kondisi perubahan perilaku, serta proses dan teknik bimbingan konseling sejalan perkembangan ilmu bimbingan konseling.
  8. Keterpaduan, yaitu asas layanan guru bimbingan konseling yang terpadu antara tujuan bimbingan konseling dengan tujuan pendidikan dan nilai-nilai luhur yang dijunjung tinggi dan dilestarikan oleh masyarakat.
  9. Keharmonisan, yaitu asas layanan guru bimbingan konseling yang selaras dengan visi dan misi sekolah, nilai dan norma kehidupan yang berlaku di masyarakat.
  10. Keahlian, yaitu asas guru bimbingan konseling berdasarkan atas kaidah-kaidah akademik dan etika professional, dimana layanan bimbingan dan konseling hanya dapat diampu oleh tenaga ahli bimbingan konseling.
  11. Tut wuri handayani, yaitu asas pendidikan yang mengandung makna bahwa guru bimbingan konseling sebagai pendidik harus memfasilitasi setiap peserta didik untuk mencapai tingkat perkembangan yang utuh dan optimal.
BACA JUGA:   Download RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 2 Tema 8 Revisi 2022

Ketika siswa mengalami masalah di sekolah, baik secara akademik maupun non akademik atau peranan guru BK sangat dibutuhkan. Melalui bimbingan konseling yang dilakukan oleh guru BK tersebut bisa membantu siswa mendapatkan solusi dengan mengatasi permasalahan tersebut.

Jika masalah yang dialami oleh siswa tidak segera diatasi, maka hal tersebut bisa mengganggu dan menghambat proses belajar siswa tetap memiliki dampak pada tumbuh kembang mereka. Ketika siswa bisa mencapai prestasi yang baik dan tidak memiliki masalah yang mengganggu pikiran mereka atau proses belajar menjadi lancar.

Peran dan tanggung jawab guru BK di sekolah memang sangat besar, bahkan tidak sedikit yang merasa bingung bagaimana cara guru BK mengatasi masalah siswa. Sekalipun sebagai guru BK ini sudah seharusnya dekat dengan sesuatu yang bisa mengetahui kondisi ada beberapa masalah berat yang dihadapi siswa, sehingga membutuhkan solusi segera.

Strategi Guru BK Mengatasi Masalah Siswa

Guru BK yang mampu bekerja secara profesional seharusnya tidak menguasai materi bimbingan yang telah dikemas dengan menyenangkan, sehingga interaksi antara guru tersebut dengan siswa bisa berjalan dengan lancar dan saling membutuhkan. Jika dapat memberikan rasa nyaman kepada siswa.

Layanan bimbingan konseling di sekolah masih banyak merundung masalah pada tataran praktisnya. Guru Bimbingan Konseling (BK) sebagai konselor disekolah masih mengalami kendala dan masalah yang beragam dan dari beberapa faktor sehingga tak banyak sekolah yang mampu menjalankan layanan BK dengan baik. Sehingga problem ini harus segera disikapi secara positif agar rasa percaya diri guru BK bertambah dalam menjalankan tugasnya, karena dalam hal ini layanan bimbingan dan konseling semangkin tumbuh dan berkembang dan guru BK perlu menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan profesi merupakan suatu keharusan untuk kinerja dan layanan yang berkualitas.

Kepala sekolah harus mampu berperan sebagai konsultan dalam manajemen sekolah, memberi arah pada pengembangan kurikulum, tenologi pembelajaran atau bimbingan, dan pengembangan staf. Kepala sekolah harus melayani pendidikan dan tenaga kependidikan, baik secara kelompok maupun individual. Ada kalanya, supervisor harus berperan sebagai pemimpin kelompok dalam pertemuan-pertemuan yang berkaitan dengan pengembangan kurikulum, pembelajaran atau menejemen sekolah secara umum. Supervisor juga harus melakukan evaluasi terhadap pengelolaan sekolah dan pembelajaran atau bimbingan pada sekolah yang menjadi linggkup tugasnya.

BACA JUGA:   Download RPP 1 Lembar Akidah Akhlak Kelas 3 Jenjang MI Sesuai KMA 183

Dalam konteks pengawasan satuan pendidikan, dimensi perbaikan lebih ditonjolkan dibanding dimensi penilaian semata. Hal ini karena proses pendidikan tidak dapat disamakan dengan proses produksi barang/jasa dalam sebuah perusahaan atau penyelesaian pekerjaan pada sebuah proyek.

Pendidikan mengolah (mentransformasikan) manusia untuk berubah dan bertambah dari segi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki, sehingga sifatnya lebih abstrak dan tidak mudah diukur secara utuh. Dengan demikian pengawasan yang dilakukan oleh pengawas pendidikan lebih bersifat pembinaan dan bimbingan yang ditujukan pada perbaikan pelaksanaan.

Meski pun demikian, dalam sebuah pengawasan tetap diperlukan adanya instrumen yang disusun dari standar atau kriteria yang ditetapkan. Justru dalam pendidikan yang abstrak itu, melalui instrumen pengawasan target penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan menjadi observable dan measurable (dapat diamati dan diukur). Di sinilah diperlukan kemampuan pengawas satuan pendidikan untuk menyusun atau mengembangkan instrumen pengawasan sebagaimana dimaksud.

Pengawas profesional adalah pengawas sekolah yang melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial serta kegiatan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dengan optimal. Selain itu untuk meningkatkan profesionalisme pengawas sekolah maka perlu dilaksanakan pengembangan profesi secara berkelanjutan dengan tujuan untuk menjawab tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks dan untuk lebih mengarahkan sekolah ke arah pencapaian tujuan pendidikan nasional yang efektif, efisien dan produktif.

Download Instrumen Pengukuran Kinerja Guru Pelayanan Peserta Dididk Bimbingan Konseling

Selengkapnya File Instrumen Pengukuran Kinerja Guru Pelayanan Peserta Dididk Bimbingan Konseling, dapat di Download melalui link di bawah ini:


Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>> 

Protected by Copyscape

By admin