MIFJANAHGANDOL – E-RKAM, Upaya Kemenag Perbaiki Tata Kelola Madrasah dan Transparansi BOS – Satu lagi terobosan, Kementerian Agama dalam upaya perbaikan tata kelola madrasah dan transparansi pengelolaan dana BOS. Merespon kemajuan teknologi informasi, Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah mengembangkan aplikasi E-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis Elektronik).

Direktur KSKK Madrasah, Moh. Isom, menyatakan bahwa E-RKAM menjadi salah satu projek kebijakan untuk perbaikan tata kelola madrasah di seluruh Indonesia. Menurutnya, E-RKAM difokuskan untuk tata kelola keuangan dan administrasi, mulai dari perencanaan termasuk penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan keuangan madrasah hingga pelaporan.

Aplikasi ini, kata Isom, digunakan untuk seluruh madrasah di Indonesia, baik negeri maupun swasta. “Aplikasi ini dibuat untuk meringankan tenaga kependidikan. Mereka tidak akan diberatkan dengan laporan-laporan yang sifatnya manual, karena di E-RKAM ini semuanya akan berbasis digital. E-RKAM ini bisa diakses dari daerah (madrasah setempat) hingga ke pusat (Kementerian Agama) secara online maupun semi online,” jelasnya di Jakarta, Selasa (6/12/2022).

“E-RKAM ini memiliki banyak manfaat, salah satunya menjadi instrument dalam mengambil keputusan bagi madrasah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Kantor Kementerian Agama Provinsi hingga Kementerian Agama Pusat,” sambungnya.

Simak juga: Kebijakan Tata Kelola Madrasah di Indonesia melalui ERKAM

Moh. Isom yakin, E-RKAM akan membuat manajemen madrasah menjadi lebih professional dan modern. Sebab, semuanya akan paperless (tanpa kertas) dan berbasis elektronik.

“Selain itu, E-RKAM ini juga akan memberikan informasi kepada publik secara maksimal, terutama keterkaitan dengan penggunaan anggaran dana BOS/M (Bantuan Operasional Sekolah/Madrasah) dan dana-dana lainnya,” sebut Isom.

“Masyarakat bisa mengakses aplikasi ini. Ini juga merupakan wujud dari akuntabilitas kepada publik atas pembelanjaan keuangan negara yang diamatkan oleh Direktorat KSKK Madrasah,” tambahnya.

BACA JUGA:   Update Komponen EDM Dan Bukti Fisik Yang Wajib Diupload

Dalam jangka pendek, E-RKAM ini akan berfungsi menata sistem perencanaan, penganggaran, dan pelaporan dari manual menuju berbasis digital, meningkatkan kompetensi stakeholder madrasah di bidang IT, dan membantu mekanisme monitoring penggunaan dana di madrasah.

Sedangkan untuk target jangka menengahnya, melalui ERKAM, dana-dana di madrasah bisa tersalurkan untuk pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP) serta penguasaan IT secara mahir bagi para stakeholder madrasah. Untuk jangka panjangnya, E-RKAM ini bertujuan meningkatkan tata kelola anggaran di madrasah yang lebih efisien, efektif, transparan dan akuntabel, dan meningkatkan mutu pendidikan madrasah sebagai akibat penggunaan dana yang tepat sasaran.

Info selengkapnya terkait E-RKAM, sila klik: Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis Elektronik

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>> 

Protected by Copyscape

By admin