MIFJANAHGANDOLDownload RPP 1 Lembar Kelas 1 – 6  SD/MI Lengkap – RPP adalah singkatan dari Rencana Pelaksanaan pembelajaran. Dalam pedoman umum pembelajaran kurikulum 2013 disebutkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus.

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menuntut pemikiran, pengambilan keputusan, dan pertimbangan guru, serta memerlukan usaha intelektual, pengetahuan teoritik, pengalaman yang ditunjang oleh sejumlah aktivitas, seperti meramalkan, mempertimbangkan, menata, dan memvisualisasikan.2 Pengembangan RPP berdasarkan kurikulum 2013 dapat dilakukan oleh guru secara mandiri atau berkelompok di sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah. Pengembangan RPP dapat juga dilakukan oleh guru secara berkelompok antar sekolah atau antar wilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh dinas pendidikan atau kantor kementrian agama setempat.

Menurut Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007, komponen RPP adalah: Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber belajar.

Di dalam RPP terdapat beberapa komponen yaitu, identitas mata pelajaran, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, alokasi waktu, kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan penilaian hasil belajar.

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah salah satu dokumen yang penting dimiliki guru, terutama jika guru ybs ingin proses pembelajaran berjalan dengan baik. Jadi bagaimana penyusunan RPP yang terbaru? Berikut ini 5 hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam menyusun RPP sesuai Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019.

Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.

BACA JUGA:   Instrumen Pengukuran Kinerja Kepala Madrasah Materi Pembinaan Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah

5 hal berikut ini dikembangkan dari Tanya Jawab Empat Pokok Pikiran Merdeka Belajar poin Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

1. Pembuatan RPP menggunakan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid.

Ketika membuat RPP, pertimbangan utamanya adalah ketiga hal ini. Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

2. RPP bisa dibuat singkat, bahkan 1 lembar/halaman.

Lamanya waktu yang dibutuhkan guru untuk menyusun RPP mendapat perhatian Mendikbud. Jika sebelumnya RPP harus memuat belasan komponen yang menjadikan sebuah RPP bisa berlembar-lembar, untuk saat ini bisa disingkat, bahkan 1 lembar saja jika cukup, dengan tetap berpijak pada ketiga prinsip di atas.

3. Tidak ada standar baku untuk format penulisan RPP

Guru dapat dengan bebas memilih dan mengembangkan RPP yang dimilikinya tanpa terikat satu format yang baku. Sehingga, bukan tidak mungkin ke depan akan bermunculan RPP-RPP yang kreatif seperti dibuat model diagram, infografis, dan lain-lain. Dengan tujuan agar lebih bersemangat saat ingin menelaahnya.
rpp unik dan kreatif

4. Format RPP yang lama masih bisa digunakan

Meskipun ada ketentuan baru tentang penyederhanaan RPP, namun untuk format lama RPP (yang mencakup 13 komponen) masih tetap bisa digunakan.

5. RPP cukup memuat 3 komponen inti

Berbeda dengan sebelumnya dimana guru harus menuangkan 13 komponen dalam RPP-nya (sesuai Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses), pada format kali cukup 3 komponen saja yang perlu dicantumkan.

Ketiga komponen inti RPP meliputi:

  • Tujuan pembelajaran;
  • Langkah-langkah pembelajaran (kegiatan); dan,
  • Penilaian pembelajaran (asesmen).

Adapun komponen lainnya adalah pelengkap. Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar murid. Kegiatan belajar dan asesmen dalam RPP ditulis secara efisien.

BACA JUGA:   Surat Edaran Mendikbud Ristek Nomor 8 Tahun 2021 tentang Peningkatan Kepatuhan Dan Kepesertaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Pada Satuan Pendidikan Formal Dan Nonformal

Dalam pernyataan Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 pada poin 2, bahwa dari 13 komponen RPP yang diatur dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, kemudian langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.

Download RPP 1 Lembar SD/MI Lengkap

Bagi Bapak dan Ibu Guru yang saat ini sedang mencari RPP 1 Lembar baik untuk Contoh maupun untuk digunakan langsung, silahkan download melalui tautan dibawah ini:

Kelas 1

1. RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 1 [Download]
2. RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 [Download]
3. RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 3 [Download]
4. RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 4 [Download]
5. RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 5 [Download]
6. RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 6 [Download]
7. RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 7 [Download]
8. RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 8 [Download]

Kelas 2

1. RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 [Download]
2. RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 2 [Download]
3. RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 3 [Download]
4. RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 4 [Download]
5. RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 5 [Download]
6. RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 6 [Download]
7. RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 7 [Download]
8. RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 8 [Download]

Kelas 3

1. RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 [Download]
2. RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 2 [Download]
3. RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 3 [Download]
4. RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 4 [Download]
5. RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 5 [Download]
6. RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 6 [Download]
7. RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 7 [Download]
8. RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 8 [Download]

Kelas 4

1. RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 [Download]
2. RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 2 [Download]
3. RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 3 [Download]
4. RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 4 [Download]
5. RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 5 [Download]
6. RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 6 [Download]
7. RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 7 [Download]
8. RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 8 [Download]
9. RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 9 [Download]

BACA JUGA:   Download RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1 Tema 3 Revisi 2022

Kelas 5

1. RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 [Download]
2. RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 2 [Download]
3. RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 3 [Download]
4. RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 4 [Download]
5. RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 5 [Download]
6. RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 6 [Download]
7. RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 7 [Download]
8. RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 8 [Download]
9. RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 9 [Download]

Kelas 6

1. RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 [Download]
2. RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 2 [Download]
3. RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 3 [Download]
4. RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 4 [Download]
5. RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 5 [Download]
6. RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 6 [Download]
7. RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 7 [Download]
8. RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 8 [Download]
9. RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 9 [Download]

Untuk RPP PAI dan Bahasa Arab [Download]

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>>

Protected by Copyscape

By admin