MIFJANAHGANDOL – Download Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Tahun 2022 Semua Jenjang – BAN-S/M telah menentukan arah baru pelaksanaan akreditasi dengan melakukan pergeseran paradigma penilaian akreditasi dari penilaian administrasi (compliance) menuju penilaian kinerja (performance).

Melalui Instrumen Akreditasi baru yang disebut IASP 2022 (IASP SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK/MAK 2022) dengan menitikberatkan pada mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, dan manajemen sekolah/madrasah.

Pergeseran paradigma dalam pelaksanaan akreditasi ini mutlak diperlukan sebagai bagian penting dari upaya BAN S/M sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan untuk ikut ambil bagian dalam mendorong continous improvement, yaitu perubahan akreditasi Sekolah/Madrasah ke arah yang lebih baik yang difokuskan pada penilaian Sekolah/Madrasah pada pemenuhan mutu yang lebih substantif.

IASP SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK/MAK SLB 2022 atau IASP 2022 disusun mengacu pada hasil-hasil riset baik nasional maupun internasional terkait mutu satuan pendidikan. IASP 2022 juga disusun dengan melibatkan banyak pakar dan praktisi dari beragam latar belakang, termasuk melibatkan tim dari Technical Assistance for Education System Strengthening (TASS) Australia. IASP 2022 telah melalui proses uji coba di 4 provinsi (Sumatera Barat, Jawa Barat, DI Yogyakarta dan Sulawesi Selatan), serta disosialisasikan melalui forum Pelatihan untuk Pelatih Asesor.

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2022) diharapkan dapat memberikan gambaran secara komprehensif baik yang terkait dengan landasan filosifis, sosiologis, maupun yuridis, serta kerangka pikir penyusunan Instrumen Akreditasi tentang arah pengembangan Instrumen Akreditasi yang sudah disusun oleh BAN-S/M.

Dengan demikian, Hal ini pada akhirnya mampu memberikan pemahaman kepada penyusun (BAN-S/M dan Tim Ad hoc) tentang kerangka kerja (framework) penyusunan perangkat akreditasi, dan memberikan batasan kepada penyusun agar tidak keluar dari kerangka kerja (framework) yang telah ditetapkan.

Arah baru penilaian akreditasi melalui Perangkat / Instrumen Akreditasi Tahun 2022 (IASP SD 2022, IASP SMP 2022 dan IASP SMA 2022, IASP SMK Tahun 2022), menghadirkan tantangan yang tidak mudah khususnya bagi asesor.

BACA JUGA:   Download RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 3 Revisi 2022

Jika selama ini isu yang menjadi momok adalah masalah integritas, maka dengan IASP 2022 pekerjaan rumah asesor bertambah, yakni harus memiliki kompetensi dan pengetahuan yang memadai dalam melakukan penilaian terhadap kinerja sekolah, yang tidak lagi berbasis dokumen/administrasi.

Asesor dituntut untuk mampu menggali data dan informasi secara benar, obyektif, dan terukur sesuai dengan tujuan yang diharapkan dari setiap butir instrumen tersebut.

Melalui penerapan Perangkat / Instrumen Akreditasi 2022 (IASP SD 2022, IASP SMP 2022 dan IASP SMA 2022, IASP SMK Tahun 2022). BAN-S/M mengoptimalkan teknologi informasi untuk sistem penilaian akreditasi secara daring, penguatan asesor melalui uji kompetensi dan e-training.

Teknologi tidak akan menggantikan kedudukan asesor, namun asesor yang tidak dapat menggunakan teknologi dalam pelaksanaanakreditasi akan tergantikan.

Keputusan Mendikbud atau Kepmendikbud Nomor 1005/P/2022 Tentang Kriteria dan Perangkat Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2022) menjadi tonggak diberlakukan Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2022 (IASP 2022)

Adapun pertimbangan diterbitkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kepmendikbud) Nomor 1005/P/2022 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah, adalah :

  1. bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 20 ayat (1) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 Tahun 2018 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal, perlu menetapkan kriteria dan perangkat akreditasi;
  2. bahwa pelaksanaan akreditasi berdasarkan kriteria dan perangkat akreditasi harus dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional;
  3. bahwa dalam lampiran I, II, III, dan IV Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 241/P/2020 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi sudah tidak sesuai dengan kebijakan akreditasi sehingga perlu dicabut;
  4. bahwa kriteria dan perangkat akreditasi Sekolah Dasar Luar Biasa, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa digabung menjadi kriteria dan perangkat akreditasi Sekolah Luar Biasa sehingga Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 394/P/2020 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Dasar Luar Biasa, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa perlu dicabut;
  5. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, huruf b, huruf c, dan huruf d perlu menetapkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah.
BACA JUGA:   Kemenag Gelar Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah 2022, Ini Persyaratannya!

Kepmendikbud Nomor 1005/P/2022 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah (IASP 2022) berisi Naskah Resmi Instrumen Akreditasi SD/MI SMP/MTS SMA/MA/SMK , SLB/SKH atau yang dikenal dengan IASP 2022.

Jadi Bapak/Ibu yang ingin mengetahui Naskah Resmi Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2022 atau IASP 2022 silahkan mendownload Kepmendikbud Nomor 1005/P/2022.

Isi Kepmendikbud Nomor 1005/P/2022 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah (IASP 2022) berisi menyatakan KESATU : Menetapkan Kriteria dan Perangkat Akreditasi sebagaimana tercantum dalam:

  1. Lampiran I tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah;
  2. Lampiran II tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah;
  3. Lampiran III tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah;
  4. Lampiran IV tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan; dan
  5. Lampiran V tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Luar Biasa; yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan ini.

Dalam KEDUA Keputusan Mendikbud atau Kepmendikbud Nomor 1005/P/2021 dinyatakan bahwa Kriteria dan Perangkat Akreditasi sebagaimana dimaksud pada diktum KESATU merupakan instrumen yang digunakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah untuk melakukan penilaian kelayakan akreditasi pada Sekolah/Madrasah.

Diktum KETIGA Keputusan Mendikbud atau Kepmendikbud Nomor 1005/P/2022 menyatakan bahwa Panduan sistem penilaian akreditasi dan pedoman pelaksanaan akreditasi pendidikan dasar dan menengah ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Diktum KEEMPAT Keputusan Mendikbud atau Kepmendikbud Nomor 1005/P/2022 menyatakan bahwa Pada saat Keputusan Menteri ini mulai berlaku.

a. ketentuan mengenai kriteria akreditasi dan prangkat kareditasi:

  • sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah;
  • sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah;
  • sekolah menengah atas/madrasah aliyah; dan
  • sekolah menengah kejuruan/madrasah aliyah kejuruan, dalam Lampiran Keputusan Menteri
  • Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 241/P/2020, dinyatakan tidak berlaku; dan
BACA JUGA:   Surat Edaran Menag Nomor 04 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Kegiatan Peribadatan/Keagamaan di Tempat Ibadah pada Masa PPKM

b. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 394/P/2021 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Dasar Luar Biasa, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

KELIMA : Keputusan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Demikian sekilas informasi tentang Perangkat / Instrumen Akreditasi SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, SMK/MAK, SLB Tahun 2021 yang berubah menjadi IASP SD/MI 2022, IASP SMP/MTS 2022, IASP SMA/MA 2022, IASP SMK/MAK Tahun 2022. Dengan adanya Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) diharapkan Akreditasi semakin bermutu untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu.

Selengkapnya silakan Download Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Tahun 2022 Semua Jenjang, melalui link di bawah ini.

  1. Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Tahun 2022 Jenjang SD/MI ()
  2. Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Tahun 2022 Jenjang SMP/MTs ()
  3. Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Tahun 2022 Jenjang SMA/MA ()
  4. Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Tahun 2022 Jenjang SMK/MAK ()
  5. Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Tahun 2022 Jenjang SLB/MLB ()

Pedoman Akreditasi SD-MI SMP-MTS SMA-MA-SMK SLB TAHUN 2022 (IASP SLB 2021) ()

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>>

Protected by Copyscape

By admin