MIFJANAHGANDOL – Download Contoh Standar Operasi Dan Prosedur (SOP) Madrasah – Istilah SOP (standard operating procedure) mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka yang berkecimpung di dunia usaha, khususnya sektor industri. Dalam dunia pendidikan, bagaimanapun, prosedur operasi standar adalah pedoman yang bekerja sesuai dengan fungsi dan alat yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja karyawan dan prosedur kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja yang relevan dalam organisasi.

Pengertian

Standar operasional dan prosedur, sering disingkat SOP, harus tersedia di semua madrasah atau sekolah. SOP dibuat oleh Kepala Madrasah/Sekolah setiap lima tahun sekali.

SOP adalah Dokumen yang berisi prosedur kerja yang dilakukan secara kronologis dan sistematis pada upaya menyelesaikan pekerjaan tertentu yang tujuannya supaya memperoleh hasil kerja paling efektif.

Standar Operasional Madrasah sangat penting dimiliki oleh setiap Madrasah atau sekolah juga pengelola pendidikan lainnya. Sebab dengan adanya SOP ini Madrasah akan menjadi lebih baik, dalam hal kualitas dan kuantitasnya.

Pada satuan pendidikan termasuk madrasah terdapat bagian-bagian pekerjaan atau bidang yang berfungsi untuk mengelola kegiatan di madrasah. Pekerjaan tersebut perlu adanya Standar operasiol prosedur atau SOP sebagai acuan pedoman kerja, tata cara kerja, serta sistem yang berlaku di madrasah tersebut. Sebab jika tidak adanya pedoman kinerj apara dikhawatirkan tidak sesuai dengan tujuan pendidikan itu sendiri.

Di setiap madrasah wjib mempunyai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dibuat oleh kepala madrasah/sekolah dalam jangka waktu lima tahun sekali. SOP Madrasah tersebut dibuat dengan tujuan untuk menjaga konsistensi para pekerja yang menjalankan tugas pekerjaan di madrasah.

Tujuan SOP

Tujuan utama madrasah atau sekolah dalam menetapkan prosedur dan prosedur operasional standar adalah agar madrasah memiliki struktur kasus yang jelas untuk lima tahun ke depan.

BACA JUGA:   Verifikasi dan Validasi Data Siswa Penerima PIP Tahap I Tahun 2023

Semua rencana Madrasah ke depan dituangkan dalam SOP. Dan yang perlu dilakukan dalam rencana SOP mencakup semua elemen standar isi, standar proses, dan delapan standar lainnya. Dalam setiap kasus, mereka telah merebutnya, meskipun ada rintangan yang hampir tidak dapat kita bayangkan.” Standar isi mencakup contoh-contoh di mana madrasah perlu menyiapkan SOP untuk membuat kalender pendidikan dan SOP untuk menetapkan kurikulum.

Manfaat SOP

  • Untuk menjaga konsistensi kinerja atau kondisi tertentu, dan kemana petugas dan lingkungan dalam pelaksanaan pekerjaan atau tugas tertentu
  • Untuk memberikan pedoman atau acuan dalam pelaksanaan pekerjaan atau tugas bagi supervisor dan pekerja
  • Membantu menghindari kesalahan, konflik, keraguan, duplikasi, serta pemborosan, dalam pelaksanaan pekerjaan
  • Memberikan ukuran atau parameter dalam penilaian mutu kerja atau pelayanan
  • Memberikan jaminan penggunaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  • Menjelaskan urutan dan alur kerja, wewenang dan tanggungjawab para petugas yang terkait
  • Sebagai dokumen yang dapat digunakan pada kegiatan pelatihan

Fungsi SOP

  • Membantu untuk memudahkan pekerjaan para pegawai atau tim/ unit kerja
  • SOP dapat berfungsi sebagai dasar hukum yang kuat bila terjadi penyimpangan
  • SOP dapat berfungsi untuk memberikan pengetahuan mengenai hambatan-hambatan yang akan dan sedang dialami oleh pegawai
  • SOP dapat memberikan arahan kepada para pegawai agar saling menjaga kedisiplinan dalam bekerja
  • Berfungsi sebagai pedoman dalam pelaksanaan kerja atau tugas

Di dalam SOP Madrasah ada 8 Standar diantaranya :

  1. Standar Isi
  2. Standar Proses
  3. Standar Kompetensi Lulusan
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Standar Sarana dan Prasarana
  6. Standar Pengelolaan
  7. Standar Pembiayaan
  8. Standar Penilaian

Selengkapnya File Contoh Standar Operasi Dan Prosedur (SOP) Madrasah, dapat di Download melalui link di bawah ini.

BACA JUGA:   Penetapan Kebijakan Pelaksanaan PPG Daljab Angkatan III Tahun 2022

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>>

Protected by Copyscape

By admin