MIFJANAHGANDOL– Download Aplikasi BPMQ dan Praktek Ibadah Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2022 — Penilaian hasil belajar merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Kegiatan penilaian hasil belajar di madrasah meliputi;

  1. penilaian harian (PH) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih;
  2. Penilaian Akhir Semester (PAS) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester ganjil;
  3. Penilaian Akhir Tahun (PAT) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap; dan
  4. Ujian Madrasah (UM) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan.

Ujian Madrasah (UM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun uatan lokal. UM diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah untuk menyelenggarakan ujian pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.

Dalam rangka standarisasi penyelenggaraan Ujian Madrasah (UM), maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyusun dan menetapkan ProsedurOperasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah sebagai panduan bagi pengelola madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam penyelenggaraan Ujian Madrasah.

Bagi lembaga pengolahan nilai kelas 6 merupakan hal pokok atau kunci bagi keterlaksanaan tahapan akhir lembaga dalam mengambil keputusan kelulusan pesertadidik sebagaimana yang telah dituangkan dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL). SKL yang disusun Satuan Pendidikan perlu mengacu peraturan perundangan yang berlaku sehingga dalam pelaksanaannya tetap pada jalur yang benar.

BACA JUGA:   Terbaru, Buku Fikih Madrasah Ibtidaiyah (MI) sesuai KMA Nomor 183

Bagi Guru masa-masa saat ini merupakan masa penting dalam menentukan hasil akhir pesertadidik apakah mereka Lulus atau Tidak. Pengolahan nilai ini menjadi sangat penting karena menjadi gambaran capaian pesertadidik selain digunakan sebagai penentu kelulusan juga sebagai dasar dalam mengikuti pendidikan pada jenjang berikutnya melalui PPDB.

Ada beberapa kriteria umum yang dibuat oleh satuan pendidikan dalam menentukan kelulusan, diantaranya adalah:

  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
  2. memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik; dan
  3. Lulus Ujian Madrasah (UM)

Bagi satuan pendidikan kriteria tersebut biasanya dituangkan dalam SKL lembaga. SKL hendaknya juga harus nyambung dengan pelaksanaannya. Jika tidak maka pelaksanaan penilaian di lembaga tersebut pasti tidak segaris atau keluar dari program yang telah dibuat.

Selain Ujian Madrasah (UM) tertulis, khusus materi Pendidikan Agama Islam ada Ujian Praktek tentang Kemampuan Membaca Al-Qur’an dan Praktek Ibadah, tentunya hal ini membutuhkan ketelitian dalam upaya menghasilkan penilaian yang berkualitas.

Khusus untuk Penilaian Pengajaran membaca Al-Qur’an dan Praktek Ibadah Badan Pengajaran Membaca Al-Qur’an (BPMQ) mengeluarkan Sertifikat “Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dan Praktek Ibadah yang nilainya diambil dari hasil Ujian Praktek.

Untuk edisi kali ini mohon maaf, Aplikasi ini dikhususkan bagi Madrasah Ibtidaiyah yang ada di wilayah kerja Kementerian Agama Kabupaten Kuningan.

Download Aplikasi BPMQ dan Praktek Ibadah Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2022

Untuk mendapatkan Aplikasi BPMQ dan Praktek Ibadah Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2022, silakan klik tombol Download di bawah ini.

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>>

BACA JUGA:   Download Aplikasi BTQ dan Praktek Ibadah Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2021

Protected by Copyscape

By admin