MIFJANAHGANDOL – Contoh Aplikasi Analisis Minggu Efektif – Minggu efektif adalah perhitungan hari dan minggu efektif yang digunakan untuk mengatur kegiatan pembelajaran di sekolah. Tujuan menghitung minggu efektif adalah kita bisa menyusun dan merencanakan program pembelajaran kita sebagai guru di kelas selama satu tahun pembelajaran. Sedangkan minggu tidak efektif merupakan banyaknya pekan yang terdapat dalam kalender pendidikan, tetapi tidak dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran terstruktur di kelas.

Menghitung minggu efektif merupakan salah satu langkah awal dalam menyusun pembuatan administrasi pembelajaran bagi guru. Dengan langkah awal ini maka penyusunan perangkat pembelajaran yang lainnya akan mudah dibuat atau disusun.

Tujuan menghitung minggu efektif adalah kita bisa menyusun dan merencanakan program pembelajaran kita sebagai guru di kelas selama satu tahun pembelajaran. Dengan demikian tujuan pembelajaran pada tiap-tiap pelaksanaan pembelajaran akan dapat tercapai.

Fungsi minggu efektif adalah mengatur waktu dan kegiatan pembelajaran di sekolah mulai dari awal tahun pelajaran yang kita ketahui dimulai dari bulan Juli sampai akhir tahun pembelajaran di bulan Juni.

Manfaat dari menghitung dan menyusun minggu efektif adalah:

  • Untuk mengetahui hari dan minggu yang efektif dan tidak efektif untuk kegiatan pembelajaran.
  • Pedoman bagi para pendidik dan pengajar untuk membagi dan mengatur alokasi waktu kegiatan pembelajaran.
  • Sebagai bahan acuan untuk membuat perangkat pembelajaran seperti program tahunan (prota) dan program semester (promes).
  • Memudahkan bagi para pendidik dan pengajar dalam membuat dan menyusun RPP.
  • Meningkatkan evektifitas pembelajaran di kelas.

Dengan perhitungan minggu efektif ini juga kita dimudahkan dalam menargetkan materi-materi dan bahan-bahan yang harus disampaikan kepada peserta didik. dalam artikel ini, mimin akan berbagi bagaimana cara menghitung jumlah minggu efektif serta contoh format menghitung minggu efektif.

BACA JUGA:   Download Contoh Standar Operasi Dan Prosedur (SOP) Madrasah

Untuk lebih memudahkan dalam menghitung jumlah pekan efektif dalam satu semester sebaiknya menentukan terlebih dahulu jumlah hitungan hari-hari efektifnya dalam satu semester.

Pembagian/pendistribusian jumlah pekan efektif kedalam kegiatan-kegiatan pembelajaran selama satu semester berjalan. Komponen dalam distribusi alokasi waktu mencakup kegiatan sebagai berikut:

  1. Tatap Muka
  2. Ulangan Harian
  3. PTS
  4. PAS/PAT
  5. Remidi

Langkah awal dalam menghitung jumlah minggu efektif adalah menyiapkan kalender pendidikan yang digunakan sesuai dengan daerah masing-masing. Biasanya kalender pendidikan ini dikeluarkan oleh dinas pendidikan atau kantor kementerian agama setempat dimana satuan kerja kita berada sebelum tahun pelajaran baru dimulai. Kalender pendidikan tersebut merupakan pedoman baik untuk menyusun program pemebaljaran maupun program-program yang lain nantinya. jadi dengan demikian perlu siapkan kalender yang terbaru yang dikeluarkan dari pemerintah setempat. Ingat, kalender pendidikan tidak bisa dibuat sendiri oleh kita melainkan dibuat oleh pemerintah.

Langkah yang kedua, kita menghitung jumlah seluruh pekan dalam satu bulan. dimulai dari bulan Juli (karena awal tahun pelajaran) sampai bulan Desember (karena akhir semester pertama atau ganjil). Kemudian kita hitung lagi jumlah seluruh pekan dalam bulan Januari (awal semester kedua atau genap) sampai dengan bulan Juni tahun kalender berikutnya (akhir tahun pelajaran).

Minggu efektif dalam satu bulan dihitung dengan ketentuan jika dalam satu pekan terdapat lebih dari tiga (3) hari efektif. Contoh, minggu kelima bulan Juli terdapat 4 hari efektif dan 2 hari efektif di bulan Agustus, maka kita hitung minggu efektif tersebut masuk dalam bulan Juli.

Langkah Ketiga menetukan jumlah hari efektif, Perlu diperhatikan dalam menentukan jumlah hari efektif dalam satu pekan. Mintalah jadwal mengajar Anda untuk menyesuaikan hari-hari efektif dalam satu pekan.

BACA JUGA:   Pendataan Siswa Kelas Akhir pada Aplikasi PDUM

Kadang-kadang dalam satu pekan ada beberapa hari yang tidak efektif dan jangan langsung dimasukan bahwa pekan tersebut adalah pekan tidak efektif. Tapi lihat dulu apakah ada jadwal mengajar kita di jika ada dan tidak terkena misalnya tanggal merah maka pekan tersebut adalah hari dan pekan efektif dalam kegiatan pembelajaran.

Langkah Keempat merekapitulasi hari tidak efektif. Menghitung dan membuat rekapitulasi jumlah hari libur dan tanggal merah (hari minggu lewatkan saja) serta hari ketika ada kegiatan sekolah yang tidak masuk kelas misalkan MOS, Pasca PAS (Penilaian Akhir Semester).

Kenapa kita menghitung dan merekapitulasi hari libur, tanggal merah dan kegiatan-kegiatan tidak tatap muka di kelas? alasannya adalah sebagai pengurang dari jumlah minggu efektif.

Langkah Kelima (menghitung pekan tidak efektif). Menghitung pekan yang tidak aktif, caranya jika dalam satu pekan itu ada empat hari tidak masuk kelas maka dianggap tidak efektif. Dan jika jumlah hari dalam satu pekan itu berjumlah tiga hari atau kurang maka dianggap minggu tidak efektif. Hitunglah perpekan kemudian rekap perbulan.

Langkah Keenam (menghitung jumlah minggu efektif). Setelah mendapatkan pekan tidak efektif selanjutnya kita menghitung jumlah minggu efektif. Caranya adalah jumlah pekan dalam satu semester dari Juli sampai dengan Desember dikurangi dengan Jumlah minggu tidak efektif yang sudah kita hitung.

Jumlah pekan dalam satu semester – kurangi dengan Jumlah minggu tidak efektif = jumlah pekan efektif dalam satu semester.

Dan dengan hasil pengurangan tadi maka ditemukanlah jumlah minggu efektif dalam satu semester. Kemudian lanjutkan lagi untuk menghitung minggu atau pekan efektif di semester 2 atau genap.

Langkah Ketujuh (menghitung jumlah jam alokasi pembelajaran). Langkah terakhir adalah menghitung jumlah jam alokasi belajar yaitu dengan mengalikan jumlah minggu efektif dengan jumlah jam pelajaran satu minggu dalam satu kelas. Misalkan mata pelajaran Bahasa Indonesia ada 4 (empat) JP (jam pelajaran) dikalikan dengan jumlah pekan efektif yang dihitung tadi.

BACA JUGA:   Kemenag Gelar Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah 2022, Ini Persyaratannya!

Selengkapnya File Contoh Aplikasi Analisis Minggu Efektif, dapat di Download melalui link di bawah ini:

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>> 

Protected by Copyscape

By admin