MIFJANAHGANDOL – Cara Menaikkan Kelas Siswa di Aplikasi RDM di User Wali Kelas – Dalam rangka mewujudkan tata Kelola madrasah yang efektif dan efisien dan mendukung program digitalisasi madrasah maka mulai semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 seluruh madrasah se-Indonesia wajib menerapkan Aplikasi RDM dalam mengelola dan mengevaluasi hasil belajar siswa, dikutip dari surat edaran Ditjend pendis melalui direktur kurikulum, sarana, kelembagaan dan kesiswaan madrasah nomor B-1726/DJ.I//Dt.I.I/PP.00/06/2021.

Aplikasi Raport Digital Madrasah dirancang khusus untuk mengelola nilai hasil belajar siswa mulai tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) Dan Madrasah Aliyah (MA) agar seluruh guru kelas dan mapel di madrasah dapat mengelola hasil belajar siswa dengan mudah, cepat, tepat dan akurat. Kedepan evaluasi terhadap hasil belajar siswa tidak menggunakan input data manual tapi dilakukan serba digital berbasis web.

Berkenaan dengan penggunaan beberapa fitur yang disediakan oleh Aplikasi RDM, maka dalam kesempatan ini kita akan mencoba membahas tentang cara menaikan kelas siswa. Dalam hal ini, Fitur menaikkan kelas ini tentunya sangat penting untuk diperhatikan oleh WALAS atau Wali Kelas, karena yang fitur menaikkan kelas ada di menu RAPOR pada akun Wali Kelas, artinya Guru Mapel tidak akan terlibat dalam menggunakan fitur tersebut.

Untuk lebih jelasnya cara menggunakan fitur menaikkan kelas bagi siswa di akun wali kelas, dapat disimak pada penjelasan berikut ini:

1. Login RDM

Silakan login melalui akun wali kelas dengan menggunakan Username dan Password yang telah diberikan oleh operator/admin madrasah masing-masing, jika lupa Username dan Password dapat meminta bantuan operator untuk mengetahuinya atau minta me-reset ulang pasword.

2. Wali Kelas

BACA JUGA:   Cara Guru Download Dan Upload Template Nilai Di RDM Terbaru 2022

Setelah berhasil login dan masuk ke aplikasi RDM akun Wali Kelas, silakan pilih (1) Wali Kelas kemudian klik (2) Rapor Siswa. Pada penggunaan fitur ini pastikan seluruh Nilai (Pengetahuan, Keterampilan dan PAT) sudah dimasukkan semua.

3. Naik Kelas

Jika menu Rapor Siswa sudah di buka, maka akan ada tampilan Fitur Naik Kelas, di sini wali kelas tinggal memilih siswa mana saja yang akan naik kelas ataupun tinggal kelas silahkan beri tanda Centang pada setiap siswa yang naik kelas.

4. Cetak Rapor

Langkah terakhir adalah melakukan pencetakan rapor siswa, silakan pilih menu cetak persiswa atau cetak secara masal (seluruh siswa secara sekaligus).

Cara cetak RDM dapat di baca di SINI.

Baca Juga Cara Mengerjakan RDM oleh Guru Mata Pelajaran

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>>

Protected by Copyscape

By admin