MIFJANAHGANDOL – Cara Ajuan Alih Fungsi oleh PTK di Simpatika – Pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.

Tenaga Kependidikan juga merupakan seseorang yang telah mengabdikan dirinya untuk menunjang Penyelenggaraan Pendidikan yang tugasnya sebagai edukator, menejer, administrator, supervisor, dan sebagainya.

Dengan kata lain, guru sebagai pendidik adalah orang yang bertugas selain memberikan pelajaran berupa ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik, juga sekaligus melatih, membimbing dan meng- arahkan peserta didiknya agar dapat berakhlak mulia dan berpikir secara cerdas.

Dari uraian di atas, dapat kita pahami bahwa antara Pendidika dan Tenaga Kependidikan memiliki perbedaan dalam hal peran dan tugasnya, oleh sebab itu tentu dalam layananan di Simpatika juga memiliki perbedaan baik dari segi fungsi maupun tugas layanan yangh akan diperoleh oleh yang bersangkutan.

Kita maklumi bersama bahwa untuk mendapatkan layanan seorang pendidik atau guru di simpatika, syarat utamanya adalah memiliki NPK.

Pada dasarnya semua pendidik di lingkungan Kementerian Agama dapat memperoleh NPK. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan. NPK atau Nomor Pendidik Kemenag akan diberikan secara langsung (otomatis) dan melalui proses pengajuan.

Bagi bapak/Ibu yang bekerja di lingkungan Kementerian Agama, yang statusnya masih tercatat sebagai Tanaga Kependidikan (Staf TU) padahal tugas sebenarnya adalah Guru, dan ingin mendapatkan Nomor Pendidik Kemenag (NPK) maka harus melakukan Ajuan Alih Fungsi atau merubah status dari Staf TU menjadi Guru di akun PTK Simpatika yang bersangkutan.

Sebelum melakukan alih fungsi, harus dipastikan terebih dahulu bahwa data pribadi protofilio PTK yang bersangkutan sudah benar-benar diedit. Perhatikan pada riwayat pendidikan dan sebagainya, hal ini penting dilakukan agar pada proses pengajuan alih fungsi dapat diproses dan disetujui. Alih fungsi juga dapat dilakukan bagi PTK yang mau merubah golongan dari Non PNS menjadi PNS. Untuk cara merubah status dari Staf ke status Guru di Simpatika, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

BACA JUGA:   Administrasi Program Kegiatan PAS (Penilaian Akhir Semester) Semester Ganjil
  1. Buka layanan SIMPATIKA kemudian Pilih Login PTK
  2. Masukkan ID dan Password, lalu klik > MASUK
  3. Pada dasbor PTK, pilih menu Alih Fungsi, tentukan kriteria yang hendak Anda sesuaikan (Alih fungsi) seperti pada gambar di bawah ini, jika sudah sesuai klik Lanjut.
  4. Silakan lengkapi / perbaruhi data baru pada tahap selanjutnya, klik Lanjut jika dirasa sudah benar.
  5. Langkah selanjutnya, perbaruhi atau tambah Riwayat Mengajar Anda jika diperlukan, klik Lanjut jika sudah sesuai.
  6. Selanjutnya, periksa kembali perubahan data yang telah Anda lakukan, Klik tombol Simpan perubahan diatas jika sudah benar, Edit kembali jika masih ada yang belum sesuai.
  7. Peralihan Fungsi yang Anda ajukan telah tersimpan SEMENTARA di sistem PADAMU. Segera Ajukan Jadi PERMANEN data Anda, klik tombol Ajukan jadi PERMANEN seperti pada gambar berikut :
  8. Konfirmasi perubahan data Anda dengan mencentang kolom pernyataan, selanjutnya klik tombol Setuju & Cetak Ajuan untuk mencetak lembar Pengajuan Alih Fungsi.
  9. Serahkan Surat Pengajuan Perubahan (Alih) Fungsi PTK (S16) yang Anda cetak beserta lampiran-lampiran yang dibutuhkan ke Admin Kemenag atau Bimas Kota/Kab setempat untuk disetujui ajuan perubahan (Alih fungsi) data Anda (Surat Tanda Bukti Persetujuan Alih Fungsi PTK (S17)), sehingga data Anda menjadi permanen.

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>> 

Protected by Copyscape

By admin