MIFJANAHGANDOL – Begini Cara Pengerjaan RDM Oleh Guru Mata Pelajaran Terbaru – Seiring dengan berjalannya waktu, tidak terasa Guru Madrasah sudah disibukkan kembali dengan sebuah tugas rutin pasca pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) yaitu memasukkan nilai hasil pelaksanaan PAT ke dalam sebuah aplikasi digital yang kita kenal dengan Rapor Digital Madrasah atau yang biasa disebut dengan RDM.

Pengerjaan RDM tidaklah sulit, yang penting tahu caranya, tapi kalau belum tahu caranya yang dapat dibilang sulit juga.. (maaf ngelantur). Intinya tidak ada sebuah pekerjaan yang sulit jika kita ada kemauan untuk belajar dan mencobanya.

Kembali ke pembahasan, sebelumnya kita sudah membahas tentang cara menaikkan kelas siswa dan cara cetak rapor oleh wali kelas, sekrang yang akan kita sampaikan adalah cara pengerjaan RDM oleh Guru Mata Pelajaran. Untuk lebih jelasnya ikuti pembahasan berikut di bawah ini.

Dalam hal pengerjaan Rapor Digital Madrasah (RDM) oleh Guru Mata pelajaran, ada 4 hal penting yang perlu diperhatikan, sebut saja dengan istilah 4M (hahaha…. jadi ingat waktu musim covid-19 dengan 5M nya,,,). kembali lagi… yang 4M itu adalah:

  • Mengunduh Template
  • Menginput Nilai
  • Mengunggah Template
  • Mengirim Nilai

Sebelum melakukan 4M tersebut, seperti biasa guru mata pelajaran harus melakukan Login ke Aplikasi RDM Madrasah dengan username dan password yang sudah diberikan oleh operator/admin madrasah masing-masing.

1. Mengunduh Template

Setelah berhasil masuk ke akun guru mata pelajaran, pada dashboarad sidebar sebelah kiri pilih mata pelajaran yang diampu dan klik tingkat kelasnya

Kemudian klik tombol bobot dan isi bobot penilaian dengan total 100%. Misanya 40% penilaian harian dan 60% PAS/PAT, lalu klik tombol simpan.

BACA JUGA:   Penggunaan Apps Masook Simpatika versi Gratis

Selanjutnya Klik tombol nilai pengetahuan, harian dan upload, kemudian klik template excel untuk unduh. Lakukan cara yang sama pada tombol PAS/PAT. Namun, sebelumnya klik tombol kembali.

Klik tombol nilai keterampilan lalu unduh template dengan cara yang serupa diatas.

2. Menginput Nilai

  1. Buka excel template nilai harian.
  2. Klik panah bawah pada kolom C2 lalu pilih PH 1.
  3. Isi materi singkat atau kompetensi dasar, lalu isi nilai peserta didik.
  4. Lakukan cara yang sama pada sheet PH 2 dan seterusnya. Akan tetapi, dengan materi atau kompetensi dasar yang berbeda.
  5. Jika selesai, tekan pada keyboard Ctrl + huruf S secara bersamaan, kemudian klik close.

3. Mengupload Template

  • Pilih mata pelajaran dan klik tingkat kelas.
  • Klik tombol nilai pengetahuan, harian dan upload, kemudian cari template yang sudah diinput sebelumnya dan drag file tersebut untuk upload.
  • Upload template nilai PAS dan nilai keterampilan pada tombol masing-masing dengan cara yang sama.

4. Mengirim Nilai

  • Terakhir, sebelum kirim pastikan nilai dan keterbacaan deskripsi jelas, rapi dan sesuai.
  • Klik Tombol Kirim
  • Selesai.

Cara Pengerjaan RDM Wali Kelas baca di SINI

Demikian, semoga bermanfaat.

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFJANAHGANDOL

Ingin mendapatkan Informasi Terbaru setiap hari dari kami, silakan>>

Protected by Copyscape

By admin

One thought on “Begini Cara Pengerjaan RDM Oleh Guru Mata Pelajaran Terbaru”

Comments are closed.