MIFJANAHGANDOLPreview RDM Mobile untuk Android dan IOS | Versi Testing

Pada kesempatan yang baik ini akan coba berbagi informasi terkait aplikasi versi mobile untuk Rapor Digital Madrasah (RDM) yang mungkin pada waktu dekat akan launching, ini terkait dengan akses siswa, bagaimana cara siswa dapat mengakses dan melihat rapor mereka melalui aplikasi android.

Aplikasi versi Android dan IOS sengaja dibuat dan disajikan untuk membantu madrasah agar siswa dan orang tua siswa dapat mengakses dan melihat nilai Rapor secara online melalui perangkat Android dan IOS. Untuk IOS, saat ini masih tahap verifikasi akun oleh tim Apel untuk upload aplikasi ke APP Store.

Untuk saat ini masih versi testing. (sabar ya…)

Baiklah, kita mulai preview saja RDM versi mobile ini.

Pada saat aplikasi pertama kali diinstall (link menyusul ya, sabar…) tampilan awal adalah seperti ini.

Untuk akses ke akun RDM versi mobile ini akan diminta untuk memasukkan NSM Madrasah, tetapi NSM yang bisa digunakan adalah NSM dari Madrasah yang sudah mengaktifkan fitur mobile.

Silakan ketik NSM Madrasah > lalu klik Chek Server RDM.

Jika sudah terdeteksi (sudah diaktifkan fitur mobilenya), maka nama madrasahnya secara otomatis akan muncul dan bisa login.

Akses apa saja yang bisa digunakan ketika login menggunakan aplikasi mobile ini?

Pada awalnya aplikasi ini disiapkan untuk siswa, tetapi kemudian dipersiapkan juga untuk akses proktor atau administrator dan juga akses guru.

1. Akses Siswa

Masukkan Username (NISN siswa) dan Pasword (ada di akun guru masing-masing). > kemudian klik Login.

Setelah berhasil login, maka akan nampak tampilan seperti gambar di bawah ini.

BACA JUGA:   Surat Edaran Petugas Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan AKG, AKK, dan AKP

Pada gambar muncul Rincian Kelas yang terdiri atas Jumlah Mapel dan mapel yang tuntas. Data yang muncul disini tergantung dari pengaturan madrasahnya itu aktifnya semester berapa, tahun pelajaran berapa, semuanya dimunculkan di rincian tersebut di atas.

Selanjutnya adalah Menu Rapor.

Menu Rapor fungsinya adalah untuk melihat data rapor siswa, perlu diketahui bahwa data rapor yang bisa dilihat disini adalah Data Rapor yang sudah Terkirim Nilainya ke server pusat. Tanda sudah terkirim ke pusat seperti pada gambar di atas dengan adanya tanda ceklis pada kelas yang nilainya sudah terkirim. Jadi Nilai yang belum terkirim tidak bisa dilihat nilai rapornya.

Untuk melihat nilai rapor, klik pada kelas yang bertanda ceklis, dan akan muncul nilai rapornya.

Setelah berhasil, maka nilai rapornya akan kelihatan seperti gambar di atas.

Pada Fitur Rapor ini memang menu nya cukup sedikit, hal ini dimaksudkan supaya tidak telalu membebani server madrasah yang menggunakan hosting.

Catatan: RDM versi mobile ini hanya bisa diakses oleh madrasah yang menggunakan versi hosting atau yang diakses secara publik.

2. Akses Proktor

Pada versi mobile ini tidak ada bedanya dengan versi web, untuk login gunakan username dan pasword Proktor seperti biasa, kemudian klik Login.

Tampilan versi mobile untuk akun proktor adalah sama tampilannya seperti view pada tampilan web, oleh karena itu tidak perlu bingung ya….

begitu juga tampilan yang lainnya sama dengan view pada web.

Demikian juga dengan akun Guru, tidak ada perbedaan yang signifikan pada sisi tampilan, sama saja.

Jadi dalam hal ini yang membedakan dengan versi web adalah khusus untuk akun siswa saja, karena memang sejatinya versi mobile ini awalnya untuk diakses oleh siswa.

BACA JUGA:   Sarankan Pasang Code QR di Sekolah/Madrasah, Kemendikbudristek mendorong satuan pendidikan untuk menggunakan teknologi digital

Tetapi ketika kita logout, akan kembali pada halaman beranda daripada Aplikasi RDM versi mobile.

Itu barangkali sekedar informasi awal untuk Rapor Digital Madrasah (RDM) versi mobile.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada video berikut ini:

Jika Bapak/Ibu ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website kami, silakan dapat klik IKUTI pada halaman kami MIFTAHULJANAHGANDOL

By admin