MIFJANAHGANDOL – Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan madrasah, Kemenag melalui laman SIMPATIKA menambah sebuah Fitur baru yaitu menu Analisa Kebutuhan dan atau Kekurang Guru di suatu Madrasah.

Dengan telah disajikannya fitur baru berupa analisa pada laman Simpatika Kemenag ini maka tentunya akan mempermudah madrasah dalam melaksanakan monitoring terkait pengambilan kebijakan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah. Analisa kebutuhan guru di laman Simpatika menggunakan data semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 dan tidak memperhitungkan tugas tambahan guru di madrasah, oleh karena itu jika dalam 1 tahun terakhir telah terjadi penambahan atau pengurangan Guru tentunya belum terbaca pada laman ini.

Fitur Kebutuhan Guru di laman simpatika ini memiliki beberapa fungsi dan manfaat, antara lain:

  • Madrasah dapat melakukan analisa kebutuhan guru, kekurangan dan kelebihan jumlah guru pada mata pelajaran tertentu.
  • Madrasah dapat mengetahui Jumlah linieritas guru dan mapel yang di ampunya.
  • Madrasah dapat mengetahui mapel apa saja yang membutuhkan guru yang sesuai
  • Madrasah dapat mengetahui jumlah guru yang dinyatakan linier sesuai aturan SIMPATIKA dan fungsi lainnya.
  • Menu Kekurangan Guru di laman Simpatika dapat digunakan untuk pengambilan kebijakan rekrutmen guru sesuai dengan kebutuhan di madrasah.

Langkah – Langkah Menggunakan Fitur Kebutuhan Guru Madrasah Di SIMPATIKA:

  • Langkah pertama silakan buka laman Simpatika Kemenag
  • Klik Menu Kebutuhan Guru , Lalu masukkan tiga kata kunci yaitu Nama Madrasah, Pilih Provinsi, dan Pilih Kab/Kota > klik Cari.
  • Setelah itu akan muncul hasil pencarian dengan 3 kata kunci tersebut berupa; Nama Madrasah, Alamat, Jenjang, Jumlah guru Aktif, dan Resume.
  • Resume menunjukkan informasi terkait kebutuhan guru mata pelajaran tertentu, terdapat 3 kategori dalam resume, yaitu: 1) Kelebihan pada mapel tertentu; 2) Kekurangan pada mapel tertentu; 3) Cukup pada mapel tertentu.
  • Jika ingin melihat detail analisa kebutuhan guru, silahkan klik “Lihat Detail”, maka akan muncul detail data analisa kebutuhan guru pada madrasah yang meliputi identitas madrasah, jumlah rombel, dan jumlah guru ditiap mata pelajaran beserta keterangan kelebihan guru, kekurangan guru, dan kecukupan guru.
BACA JUGA:   Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah

Demikian penjelasan tentang Analisa Kebutuhan dan Kekurangan Guru Madrasah Pada Menu Baru laman SIMPATIKA, semoga bermanfaat.

 

 

By admin