miftahuljanahgandol.sch.id – Fitur Consolidate adalah fitur yang dapat digunakan untuk menggabungkan data dari beberapa tabel yang berbeda, dan sekaligus dapat dibuatkan ringkasan laporannya, seperti total jumlahnya, rata-rata dan sebagainya, hal ini dapat dilakukan baik tabel data tersebut ada dalam satu sheet, atau berbeda sheet, bahkan berbeda workbook sekalipun.

Contoh kasus, misalnya saja kita memiliki nilai 3 mata pelajaran dan ingin mengetahui jumlah total dan atau rata-rata nilai seluruh mata pelajaran tersbut, dimana data nilai masing-masing mata pelajaran tersebut berada di 3 sheet yang berbeda.

Untuk melakukan konsolidasi (penggabungan) pada ketiga data nilai tersebut caranya adalah sebagai berikut:

  1. Misalnya saja hasil konsolidasi akan diletakkan di Sheet All (penamaan sheet bebas), klik salah satu sel yang ada di sheet All misalnya pada sel B2.
  2. Kemudian klik tab Data – Consolidate untuk menampilkan pengaturan Consolidate.
  3. Pada bagian Function pilih Sum atau fungsi lain yang Anda inginkan. Berpindah pada bagian Reference, lalu masukkan alamat tabel referensi yang ingin di konsolidasi, kemudian klik Add, ulangi dan pastikan semua data telah di masukkan seluruhnya ke bagian All References.
  4. Pada bagian Use labels in, ada bisa mencentang hasil konsolidasi yang Anda inginkan: Top Row artinya data pada baris paling atas akan ikut di tampilkan di hasil konsolidasi. Left Column artinya data pada kolom sebelah kiri akan ikut di tampilkan di hasil konsolidasi. Create link to source data bisa di centang jika Anda ingin data hasil konsolidasi otomatis menyesuaikan perubahan data dari tabel referensi.
  5. Terakhir klik OK dan hasil penggabungan datanya adalah sebagai berikut:

Karena pada bagian Create link to source data tadi tidak di centang, maka Jumlah Nilai yang dihasilkan dari konsolidasi tidak bisa otomatis berubah jika data pada tabel referensi di ubah, jika ingin agar otomatis ikut berubah nilainya, kita bisa memasukkan rumus excel seperti contohnya berikut ini:

BACA JUGA:   Begini Cara Update Profil Operator dan Kepala Madrasah Di EMIS 4.0

Pada Sheet Jumlah klik pada sel C5 dan kemudian masukkan rumus excel:

=SUM(Quran:Fikih!C5)

Kemudian copy ke bawah (C8)

Keterangan:
Quran dan Fikih adalah nama sheetnya, jadi sesuaikan dengan nama sheet yang kita gunakan.

Hasilnya jika pada sheet referensi ( Sheet Quran, Akidah dan Fikih) atau sumber data di ubah, maka otomatis data pada sheet Jumlah juga akan berubah menyesuaikan data referensinya.

Sekian tutorial tentang cara menggabungkan Tabel di Excel dengan Consolidate, Semoga Bermanfaat.

Bagi yang membutuhkan contoh file bisa di UNDUH disini

By admin