Perlukah Konfirmasi EMIS Versi Lama Setelah Adanya Edaran Bulan Data Pendidikan Islam?–  Setelah diedarkannya Surat tentang Program Bulan Data Pendidikan Islam  nomor : B-1344/DJ.I/HM.01/05/2021 tertanggal 4 Mei 2021 banyak beberapa pertanyaan yang muncul, diantaranya pertanyaan apakah harus melakukan konfirmasi di EMIS versi lama atau tidak? Pertanyaan seperti itu wajar saja karena rasa takut kalau data yang sudah diisi di EMIS versi lama tidak bisa di migrasi ke EMIS baru versi 4.0.

Tapi perlu diketahui dan cermati, bahwa pada surat edaran tersebut sudah dijelaskan, terutama pada poin 1 dan 2 memiliki hubungan yang bisa perhatikan pada tulisan bercetak tebal menjelaskan bahwa ” Program Bulan Data Pendidikan Islam akan di berlakukan mulai tanggal 10 Mei 2021 sampai dengan 9 Juni 2021 dan selama periode Bulan Data Pendidikan Islam Tahun 2021 seluruh satuan Pendidikan Islam di bawah naungan Direktorat Jendral Pendidikan Islam diwajibkan untuk melakukan pemutakhiran data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 secara lengkap, akurat dan tuntas sampai tahap Cetak Berita Acara Pendataan (BAP) “.

Dari ungkapan di atas jelas yang harus kita konfirmasi secara akurat adalah EMIS 4.0 yang digunakan pada penerapan Program Bulan Data Kementerian pada tanggal 10 Mei sampai 9 Juni Tahun 2021. Kemudian jika ungkapannya seperti itu apakah perlu kita melakukan konfirmasi di EMIS versi Lama? jika itu pertanyaannya maka jawabannya adalah tidak perlu tapi saran saja mending dilengkapi dan dicetak buat jaga – jaga khawatir nanti dibutuhkan karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi nantinya. Sebagaimana pengalaman BOS tahun ini yang dimana kita diminta BAP semester sebelumnya jadi sebelum EMIS versi lama di tutup mari kita lengkapi dan tuntaskan karena tidak ada ruginya dan nanti ketika melengkapi EMIS 4.0 kita tidak terlalu banyak mengisi data.

BACA JUGA:   Surat Direktur KSKK Madrasah Tentang Pengisian Data Isian Kesiapan Pembelajaran di Masa Pandemi

Kesimpulannya jika kita tidak mampu menyelesaikan di EMIS versi lama maka dilanjut di EMIS 4.0 dan jika sudah konfirmasi dan ada perbaikan maka dilanjutkan di EMIS 4.0 tapi usahakan menyelesaikan EMIS lama sampai BAP untuk menjaga – jaga di kemudian hari dan kita juga tidak terlalu banyak melengkapi data yang jelas di surat kita tidak diminta melakukan konfirmasi di EMIS versi lama tapi kita diminta konfirmasi di bulan Data Pendidikan Islam yang artinya kita sudah pakai EMIS 4.0 . Kemudian informasi terbaru bahwa akses EMIS versi lama akan di tutup tanggal 7 Mei 2021 pukul 23.59  WIB.


Sumber: adminbawean

 

By admin