Aplikasi Pengolahan Nilai Ijazah MI Tahun 2021 Versi 5.2 — Penilaian hasil belajar merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Kegiatan penilaian hasil belajar di madrasah meliputi; 1) penilaian harian (PH) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih; 2) Penilaian Akhir Semester (PAS) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester ganjil; 3) Penilaian Akhir Tahun (PAT) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap; dan 4) Ujian Madrasah (UM) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan.

Ujian Madrasah (UM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun uatan lokal. UM diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah untuk menyelenggarakan ujian pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.

Dalam rangka standarisasi penyelenggaraan Ujian Madrasah (UM), maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyusun dan menetapkan ProsedurOperasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah sebagai panduan bagi pengelola madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam penyelenggaraan Ujian Madrasah.

BACA JUGA:   Petunjuk Teknis BSU bagi Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil Pada Madrasah Tahun 2020

Bagi lembaga pengolahan nilai kelas 6 merupakan hal pokok atau kunci bagi keterlaksanaan tahapan akhir lembaga dalam mengambil keputusan kelulusan pesertadidik sebagaimana yang telah dituangkan dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL). SKL yang disusun Satuan Pendidikan perlu mengacu peraturan perundangan yang berlaku sehingga dalam pelaksanaannya tetap pada jalur yang benar.

Bagi Guru masa-masa saat ini merupakan masa penting dalam menentukan hasil akhir pesertadidik apakah mereka Lulus atau Tidak. Pengolahan nilai ini menjadi sangat penting karena menjadi gambaran capaian pesertadidik selain digunakan sebagai penentu kelulusan juga sebagai dasar dalam mengikuti pendidikan pada jenjang berikutnya melalui PPDB.

Ada beberapa kriteria umum yang dibuat oleh satuan pendidikan dalam menentukan kelulusan, diantaranya adalah:
a. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b. memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik; dan
c. Lulus Ujian Madrasah (UM)

Bagi satua pendidikan kriteria tersebut biasanya dituangkan dalam SKL lembaga. SKL hendaknya juga harus nyambung dengan pelaksanaannya. Jika tidak maka pelaksanaan penilaian di lembaga tersebut pasti tidak segaris atau keluar dari program yang telah dibuat.

Pengolahan nilai tentu membutuhkan data pokok sebagai sumber pengolahan nilainya. Data pokok yang dimaksud adalah nilai dari komponen pembentuk nilai akhir sebagaimana telah ditetapkan.
Pada kolom nilai untuk penulisan ijazah dijelaskan bahwa nilai ujian madrasah untuk MI, diperoleh dari rata-rata nilai lima semester terakhir (kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 semester gasal); dan sebagai tambahan nilai kelulusan, dapat ditambahkan nilai semester genap kelas 6 dan hasil Ujian Madrasah (UM) yang dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor serta prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

Pada akhirnya pengolahan nilai menjadi hal penting yang perlu segera dilaksanakan. Untuk mempermudah sahabat guru dalam mengolah nilai kelulusan, sengaja admin membagikan aplikasi pengolahan nilai kelulusan secara gratis di sini. Sahabat dapat mengunduhnya dengan cara klik Download Aplikasi Pengolahan Nilai kelulusan: APLIKASI PENGOLAHAN NILAI IJAZAH/NILAI KELULUSAN

BACA JUGA:   SP2D 99,81% Terbit, Pencairan BSU Guru Madrasah Non PNS Tunggu Notifikasi Bank

By admin