Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020)– Pada  Tahun  2019  BAN-S/M memprioritaskan programnya  dengan  menyusun  Perangkat  Akreditasi  yang  baru,  atau  disebut  Instrumen Akreditasi  Satuan  Pendidikan  (IASP)  2020.  Penyusunan  Instrumen  Akreditasi  baru  ini menerapkan  pendekatan  baru  dalam  penilaian  akreditasi  Sekolah/Madrasah  yaitu  dari compliance menunju performance.

Dengan adanya pergeseran paradigma dalam penilaian akreditasi Sekolah/Madrasah dari compliance ke performance (rules to principles), diharapkan dapat menjadi perkembangan bagi BAN-S/M dan pihak-pihak yang terlibat terutama tim ad hoc dalam pengembangan Instrumen Akreditasi.

Akreditasi pada akhirnya tidak bergantung pada pemenuhan aspek yang bersifat administratif, tetapi  akan difokuskan  pada penilaian Sekolah/Madrasah  pada pemenuhan mutu  yang  lebih substantive.

Sebagai rujukan dasar, dari delapan standar nasional pendidikan yang ditetapkan pemerintah, terdapat empat standar yang akan menjadi penilaian utama dalam IASP 2020 yang meliputi:

  1. Mutu lulusan
  2. Proses pembelajaran
  3. Mutu guru
  4. Manajemen sekolah.

BAN-S/M  telah  melakukan  kajian  terhadap  hasil  riset  tentang  mutu  pendidikan,  dan  empat standar tersebut merupakan komponen yang krusial yang menunjang mutu sekolah/madrasah.

Demikian informasi tentang Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020) yang bisa web.miftahuljanahgandol.sch.id bagikan, semoga bermanfaat. Terima kasih – Solehudin

Download Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020) Semua Jenjang
  1. IASP 2020 Jenjang SD/MI (Download)
  2. IASP 2020 Jenjang SMP/MTs (Download)
  3. IASP 2020 Jenjang SMA/MA (Download)
  4. IASP 2020 Jenjang SMK/MAK (Download)
  5. IASP 2020 Jenjang SLB/MLB (Download)
BACA JUGA:   Kemenag Ubah Skema Penyaluran BOS Madrasah Swasta Tahun 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *